Sukses

Ingin Kulit Selalu Sehat? Konsumsi Suplemen Ini

Berikut beberapa suplemen yang berguna membuat kulit senantiasa sehat.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat pepatah yang mengatakan bahwa kecantikan berasal dari dalam. Ini membuktikan bahwa kecantikan tak hanya berkisar seputar makeup dan krim perawatan saja, tapi juga harus ditunjang oleh suplemen yang tepat.

Maka dari itu, seperti yang dilansir Stylecaster.com, Senin (22/8/2016), berikut adalah beberapa suplemen yang disarankan.

1. Asam Amino Esensial
Asam Amino Esensial (Essential Fatty Acid / EFA) terutama omega-6 linoleic acid dan omega-3 alpha-linoleic acid berperan penting untuk menjaga struktur kulit dan menjaga kulit untuk mempertahankan kelembapannya. EFA juga dapat ditemui di biji bunga matahari, chia seed dan minyak flaxseed. Lemak jenis omega-3 EPA dan DHA juga menunjang kesehatan kulit, dan lemak ini dapat ditemukan di ikan yang hidup di perairan dingin seperti salmon liar dan tuna. Jika susah mendapatkan salmon liar dan tuna, coba konsumsi minyak ikan.

2. Zinc (seng)
Banyak wanita yang tubuhnya kekurangan zat zinc atau seng, yang akibatnya pori-pori kulit mudah iritasi oleh bakteri dan terlihat kemerahan meradang. Cobalah sekali dalam seminggu makan hati baik ayam maupun sapi karena hati banyak mengandung zinc dan copper (tembaga) serta vitamin A. Copper akan mengimbangi zinc dalam tubuh dan vitamin A diperlukan liver untuk detoksifikasi dari kelebihan hormon. Liver yang bekerja dengan baik memungkinkan tubuh untuk menyerap semua vitamin dan mineral.

3. Vitamin C

Konsumsi harian vitamin C sangat penting untuk kesehatan tubuh, dan juga kecantikan. vitamin C selain bekerja sebagai antioksidan yang sangat kuat, ia juga bekerja membantu kulit untuk memproses asam amino yang ada pada kolagen sehingga kulit mampu membangun kolagen kembali di kulit.

4. Vitamin B
Banyak orang melupakan vitamin B, padahal vitamin ini sangat penting bagi penampilan karena ia mempercepat pertumbuhan rambut dan kuku sekaligus menguatkannya dan mencegah hiperpigmentasi. Kulit kita sangat memerlukan vitamin B untuk meregenerasi sel-sel nya karena vitamin B memberi energi pada sel-sel kulit. Coba konsumsi Vitamin ini setiap hari terutama vitamin B kompleks yang tinggi kandungan vitamin B6 untuk mencegah jerawat yang biasanya keluar saat menjelang menstruasi. B6 ini mampu mencegah peradangan kulit serta mencegah kulit memproduksi sebum (minyak di kulit pencetus jerawat) terlalu banyak.

5. Vitamin E
Vitamin E bersama vitamin C melindungi kulit dari efek buruk matahari. Suplemen vitamin E 400 mg per hari telah terbukti mampu mengurangi kerutan dan memperbaiki tekstur kulit. Kombinasi ini juga mengurangi kerusakan kulit yang ditimbulkan radikal bebas yang menghancurkan kolagen dan elastin yaitu serat-serat yang mendukung kesehatan kulit.

6. Peptide Kolagen
Kolagen adalah salah satu dari unsur pembangun di kulit. Konsumsi kolagen secara teratur mampu untuk mencegah kendurnya kulit dan garis-garis kerut halus dan sekaligus meningkatkan elastisitas dan kekuatan kulit. Coba minum kaldu tulang, ataupun minuman kolagen. Bubuk kolagen yang dicampur dengan minuman protein coba baik untuk kulit.

 

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.