Sukses

Karpet Menyala Akan Buat Malam Anda Lebih Indah

Percantik dekorasi rumah dengan karpet yang dapat menyala.

Liputan6.com, Jakarta Di dalam dekorasi rumah, karpet memiliki banyak tipe, mulai dari karpet yang empuk, kasar, bergaya avant-garde dan bercorak kebudayaan timur. Namun, pasti Anda belum pernah menemukan karpet yang dapat menyala di dalam gelap. Ya, ide ini terinspirasi dari desainer asal Helsinki, Johanna Hyrkas. Konsep ini menarik seorang blogger kerajinan tangan, Carmen Jorissen dari blog Craftyqueens.  Carmen sangat terinspirasi dari karpet yang menyala dalam gelap, dan ia memutuskan untuk mencoba membuat sendiri.

Seperti dilansir dari Brightside.me, Jumat (13/5/2016), Carmen membuat foto tutorial tahapan cara membuat karpet tersebut, agar dapat diikuti oleh para pembacanya. Jika Anda tertarik, simak langkah-langkah berikut ini.

 Anda membutuhkan: 

- Lampu LED kabel sepanjang 1 hingga 7 meter, tergantung besar karpet yang Anda ingin kan.

- Alat sulam crochet.

- Benang sulam.

Caranya:

 Pilih alat sulam yang sesuai dengan besar benang sulam.

Pastikan Anda memilih benang dengan kualitas yang bagus.

Karena kabel memiliki lebar yang besar, Anda tidak mungkin menyulam crochet tunggal dari awal bentuk lingkaran. Buat crochet tunggal di lingkaran kecil, dan 2 sulam di tiap sulam, sebelum menyambungkan dengan kabel lampu.

 

Lalu, mulai masukkan kabel lampu di dalam sulam. Di lingkaran awal, gunakan teknik satu sulam dua sulam, lakukan dengan cara sedikit longgar.

Lanjutkan menyulam, dengan teknik yang sama. Setelah lingkaran ke tiga, dan sulaman Anda cukup longgar, Anda tidak perlu lagi menambahkan sulaman lebih banyak. Cukup kaitkan satu jahitan dengan jahitan yang lain.

Jika Anda melakukan sulaman ganda ke seluruh jahitan, akan menutupi lampu tersebut. Sebaiknya, berikan jarak yang longgar agar lamput terlihat bersinar di antara benang. Untuk ujung yang bagus, gunakan sulaman ganda.

Anda harus mengingat ukuran karpet yang Anda inginkan harus sesuai dengan panjang kabel. Untuk proporsi yang sesuai, lilit kabel berbentuk spiral sebelum Anda memulai pekerjaan, dengan bergitu Anda dapat menyesuaikan panjang yang tepat.

Jika sudah sampai di ujung, gunakan sulaman tunggal tanpa kabel. Lalu, sulam dua jahitan lepas, untuk membuat bentuk lingkaran yang sempurna. Jahit di bagian ujung. 

Terakhir, sempurnakan sulaman dengan pengait besar atau benang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini