Sukses

Cara Jitu Potong Bawang Tanpa Mata Perih

Berikut ini cara cerdas untuk mencegah mata perih dan menangis saat Anda harus memotong bawang.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah muncul pertanyaan mengapa mengiris bawang, seperti bawang bombay dan bawang merah dapat membuat Anda menangis? Ketika Anda memotong bawang, gas bernama Propanethiol S-Oksida keluar dan tersebar ke udara.

Gas pada bawang tersebutlah yang membuat mata iritasi dan mengeluarkan air mata. Pasalnya, kandungan asam sulfur di dalam gas Propanethiol S-Oksida tersebut mudah bereaksi pada air yang terdapat mata Anda.

Seperti dilansir dari Elitereaders.com pada Senin (25/4/2016), terdapat tiga jenis air mata yang Anda miliki, yaitu emosional, basal, dan refleksif. Air mata emosional timbul dan terpicu karena perasaan Anda, seperti bahagia, depresi, dan senang. Air mata basal berfungsi membasahi mata Anda secara alami agar tidak kering.

Sedangkan, air mata rekflektif berfungsi untuk melindungi mata Anda dari asap, debu, atau gas bawang dengan mengeluarkan air. Hal ini jadi alasan mengapa saat memotong bawang, air mata kita keluar.

Ada banyak cara untuk mencegah gas bawang membuat mata Anda jadi iritasi. Sebelum memotong bawang, Anda dapat meletakkan bawang di dalam kulkas atau freezer agar gas yang terkandung di dalamnya keluar. Selain itu, Anda bisa memotong bawang dekat dengan mencelupkannya ke dalam air atau memasang lilin di dekat papan pemotong agar gas bawangnya hilang.

Melalui video yang Liputan6.com sajikan berikut ini, Anda bisa mengetahui cara cerdas memotong bawang tanpa membuat mata pedih.

Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.