Sukses

8 Khasiat Mengejutkan Bawang Putih yang Jarang Diketahui

Bawang putih ternyata punya banyak manfaat unik yang jarang diketahui. Dari menghilangkan jamur kaki sampai umpan ikan

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur favorit yang dipakai hampir dalam segala menu masakan. Namun tahukah Anda jika bawang putih punya berbagai kegunaan lain yang mengejutkan? Mulai dari mengusir hama tanaman sampai menangkal jamur kaki.

Berikut ini beberapa kegunaan unik bawang putih yang mungkin belum Anda ketahui, seperti disadur dari littethings.com, Senin (22/02/2016).

 

1. Membersihkan wajah
Ketimbang menggunakan bahan kimia, bawang putih memberikan alternatif mencuci muka alami. Menurut Livestrong, bawang putih mengandung allicin yang memiliki antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Caranya haluskan bawang putih sampai menyerupai pasta. Gosok perlahan ke wajah secara merata. Tunggu 15 menit dan cuci wajah dengan air dingin sampai bersih. Pastikan Anda memberi pelembap setelahnya untuk menghindari wajah kering.

Fungsi bawang putih (Foto: littlethings.com)

2. Obati jamur kaki

Mungkin cara ini terdengar aneh, tetapi The New York Times menyarankan Anda untuk menggunakan bawang putih sebagai obat jamur kaki. Caranya, tumbuk halus bawang putih dan campurkan dalam air hangat dalam wadah. Rendam kaki Anda dalam ramuan tersebut selama 30 menit.

Dr. Lawrence D. Rosen mengatakan jika bawang putih diakui khasiatnya sebagai antijamur alami yang terpercaya. Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan minyak zaitun dan beberapa bawang putih bulat untuk digosokkan ke kaki.

Fungsi bawang putih (Foto: littethings.com)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

8 Khasiat Mengejutkan Bawang Putih yang Jarang Diketahui

3. Redakan sakit gigi

Jika Anda sakit namun belum sempat kontrol ke dokter gigi, bawang putih bisa jadi pertolongan pertama. Para ahli di garlic-central.com menulis sakit cara tradisional ini bisa meringankan sakit gigi.

Caranya tumbuk kasar bawang putih dan letakkan di samping gigi yang sakit. Yang harus diingat, Anda tetap harus memeriksa gigi, sebab bawang putih adalah cara alami melawan rasa sakit untuk sementara.

Fungsi bawang putih (Foto: littlethings.com)

4. Obat infeksi telinga

WebMD menyarankan untuk menaruh beberapa tetes minyak bawang putih untuk membantu menghilangkan rasa sakit karena infeksi telinga.

Mereka merekomendasikan metode ini terutama untuk infeksi telinga anak. Meskipun mereka selalu menyarankan untuk memeriksakan terlebih dulu ke dokter.

Fungsi bawang putih (Foto: littlethings.com)

 

3 dari 4 halaman

8 Khasiat Mengejutkan Bawang Putih yang Jarang Diketahui

5. Lawan jerawat di wajah

Fungsi bawang putih (Foto: littlethings.com)

Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati jerawat dalam dua cara. Dari dalam yaitu dengan mengonsumsinya dan dari luar, dengan mengoleskan langsung pada wajah.

Home Remedies mengatakan jika bawang putih mempunya nutisi yang baik untuk mengobati jerawat. Terutama untuk sistem kekebalan tubuh Anda dari jerawat.

Selain itu, Anda juga dapat langsung mengaplikasikan bawang putih langsung pada jerawat. Yang terpenting, Anda sudah menghaluskan agar tak terlalu menyengat dan meninggalkan sensasi seperti kulit terbakar.

6. Mengusir hama tanaman

Fungsi bawang putih (Foto: littlethings.com)

Bawang putih bisa Anda andalkan untuk menjaga tanaman kesayangan. Caranya campur beberapa siung bawang putih dengan air dan sabun cair. Taruh dalam botol semprot.

Menurut para ahli di Permakultr, sifat pembasmi alami bawang putih membuatnya jadi alat sempurna untuk mengusir hama tanaman. Anda juga bisa memakainya pada sayuran dan tanaman berbunga.

4 dari 4 halaman

8 Khasiat Mengejutkan Bawang Putih yang Jarang Diketahui

7. Umpan ikan

Aroma dan bawang putih yang menyengat dan khas dapat Anda manfaatkan untuk umpan ikan. Menurut postingan pemancing dan nelayan di FieldAndStream.com, mereka biasanya merendam cacing dan udang dalam bumbu bawang putih.

Ada juga nelayan yang menyarankan memakai mentega bawang putih untuk menarik perhatian ikan. Sudah jadi rahasia umum nelayan dan pemancing agar sukses membawa pulang banyak ikan.

Fungsi bawang putih (Foto: littlethings.com)

8. Mengobati flu

Di musim cuaca yang tidak menentu, flu dapat mudah menyerang. Bawang putih bisa membantu Anda mencegah dan mengobati flu dan demam.

WebMD menyarankan untuk mengonsumsi bawang putih mentah, baik hancur, dipotong dadu, atau dicincang.

"Bawang putih tampaknya merangsang sistem kekebalan tubuh dan dapat melawan virus."

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini