Sukses

7 Kesalahan Memakai Tabir Surya yang Masih Anda Lakukan Saat Ini

Berikut ini adalah kesalahan umum pada pemakaian tabir surya dan bagaimana cara untuk menghindarinya.

Liputan6.com, Jakarta Bahkan jika Anda termasuk dalam orang yang rutin menggunakan tabir surya setiap hari, Anda akan masih terkejut tentang langkah-langkah yang terlewatkan atau salah, yang dapat membuat wajah Anda tetap terbakar.

Dilansir dari self.com, Senin (18/4/2016), berikut ini adalah beberapa kesalahan umum dari pemakaian tabir surya dan cara untuk menghindarinya.

1. Anda masih memakai tabir surya yang kadaluarsa
Hal ini sangat buruk untuk dua alasan. Pertama, sebuah tabir surya hanya baik untuk digunakan sampai tiga tahun, jadi jika Anda menemukan tabir surya yang sudah usang, sebaiknya Anda membuangnya. Sedangkan memiliki tabir surya usang juga menandakan bahwa Anda jarang menggunakannya.
Para ahli kulit menyatakan bahwa untuk menutupi seluruh tubuh, setidaknya Anda membutuhkan tabir surya sebanyak satu ons.

2. Anda hanya memakai tabir surya sebelum sarapan
Tidak memakai tabir surya sama sekali adalah sebuah kesalahan besar. Namun, memakai tabir surya hanya pada pagi hari saja juga bukan hal yang benar. Jika Anda berpikir bahwa tabir surya yang dipakai pada pagi hari akan bertahan seharian, Anda salah. Inilah mengapa Anda dianjurkan untuk memakainya setiap dua jam sekali, terutama jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan berkeringat.

3. Anda mengira bahwa krim BB mengandung SPF saja sudah cukup
SPF yang terdapat dalam makeup Anda tidak boleh menjadi andalan sumber utama perlindungan matahari. Jika makeup Anda mengandung SPF, itu adalah sebuah bonus. Sebaiknya, Anda tetap menggunakan SPF tersendiri, kemudian baru mengaplikasikan makeup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesalahan umum tentang tabir surya

4. Anda tidak melindungi bibir Anda
Bahkan ketika Anda telah rutin memakai tabir surya di wajah dan leher setiap hari, Anda masih sering mengabaikan bibir Anda. Bibir bawah memiliki kemungkinan 12 kali lebih besar untuk terkena kanker kulit, karena tidak memiliki melanin, di mana melanin adalah pertahanan alami tubuh terhadap sinar UV.
Jangan gunakan lip gloss, sebaiknya Anda menggunakan lip balm dengan SPF dan mengoleskan sesering mungkin sepanjang hari.

5. Anda pikir aman berada di balik jendela
Faktanya, Anda terpapar sinar matahari lebih daripada yang Anda sadari, seperti saat mengendarai mobil atau duduk dekat jendela saat berada di kantor. Kaca mobil dan jendela di kantor Anda mungkin melindungi Anda dari paparan sinar UVB, namun tidak dengan sinar UVA, di mana ia adalah cahaya yang lebih berbahaya dan dapat menyebabkan resiko kanker kulit.
Selain itu, jika Anda sering berpergian menggunakan mobil, berhati-hatilah terhadap paparan sinar matahari di sisi kanan dan kiri yang dapat menyebabkan keriput dan bintik-bintik hitam.

6. Anda adalah penggemar dari tabir surya semprot
Tentu saja, tabir surya ini sangat nyaman untuk dipakai, namun Anda tidak dapat memastikan apakah tabir surya telah secara merata aplikasi di wajah Anda. Untuk memastikannya, semprotkan ulang selama beberapa kali dan ratakan.
Dan jangan langsung menyemprotkan ke wajah, karena Anda mungkin akan menghirup beberapa bahan berbahaya. Sebaiknya semprotkan di tangan Anda dan usapkan pada wajah secara manual.

7. Anda berpikir bahwa kulit gelap dapat melindungi Anda dari sinar matahari
Salah. Justru orang berkulit gelap memiliki kemungkinan terkena kanker kulit yang lebih besar, karena mereka tidak terlindungi 100%
Anda harus segera sadar untuk selalu melindungi kulit dengan pelembap dan SPF dari sinar matahari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini