Sukses

8 Tips Rawat Pekarangan agar Tetap Indah

Berikut 8 tips yang bisa Anda lakukan untuk rawat pekarangan agar tetap indah.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pekarangan indah dan rapi tak hanya memanjakan mata orang lain juga, tetapi juga diri Anda sendiri. Menjaga tanaman dari kekeringan dan tumbuhnya rumput liar merupakan langkah sederhana yang harus Anda upayakan agar taman tetap terlihat indah.

Namun, tak jarang beberapa orang mengalami kesulitan untuk menjaga dan membuat taman agar tetap indah dan rapi dengan alasan tak ada waktu dan lain sebagainya. Padahal, merawat tanaman memiliki manfaat untuk kesehatan mental seseorang, termasuk Anda.

Seperti dilansir dari Sportfluff.com pada Senin (29/2/2016), berikut beberapa tips untuk menjaga taman dan pekarangan Anda tetap indah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rancanglah taman Anda

1. Rancanglah Taman Anda

foto: instructables.com
Mungkin hal ini terkesan sepele, tetapi dengan merancang taman, Anda akan lebih mudah untuk mewujudkannya. Mulailah dengan pertanyaan, taman Anda mau terlihat seperti apa? Selain itu periksa kemungkinan tanaman yang akan Anda tanam di taman dapat sesuai antara visi dan iklim.

2. Tentukan Tanaman yang Sesuai dengan Iklim

foto: instructables.com
Tanaman sangat sensitif dengan jumlah cahaya dan air yang digunakan untuk pertumbuhan. Sebelum, Anda membeli tanaman, pelajari terlebih dahulu dan sesuaikan dengan iklim lingkungan sekitar. Langkah ini cukup penting untuk menghindarkan tanaman dari penyakit dan hama.

3 dari 5 halaman

Gunakan pupuk yang tepat

3. Gunakan Pupuk yang Tepat

Pemilihan pupuk
Salah satu jenis pupuk yang biasa digunakan untuk tanaman pekarangan adalah kompos. Namun, tak sembarang pupuk kompos bisa Anda gunakan karena memiliki ragam jenis yang disesuaikan dengan jenis tanaman dan kondisi iklim. Jika salah pilih pupuk kompos, Anda hanya akan membunuh tanaman tersebut.

4. Bersihkah Tanaman Anda

Bersihkan tanaman Anda
Salah satu langkah untuk menjaga tanaman agar tetap sehat adalah dengan membersihkannya. Membersihkan bukan berarti mencucinya dengan sabun, tetapi memotong ranting yang tumbuh pada tanaman tersebut. Selain itu, membuang daun berwarna kuning dari tanaman akan memberikan ruang untuk kembali tumbuh.

4 dari 5 halaman

Penyuburan yang tepat

5. Penyuburan yang Tepat

Penyuburan yang tepat
Proses penyuburan bukan sesuatu yang biasa dianggap main-main. Anda harus memahami bahwa masing-masing tanaman memiliki pola perawatan yang berbeda-beda. Jika Anda ingin membantu proses penyuburan tanaman, bacalah instruksi dengan sebaik mungkin.

6. Pola Penyiraman yang Tepat

Hal-hal berikut sebaiknya tidak dilakukan saat menanam tomat di pekarangan rumah.
Salah satu elemen yang membuat tanaman tetap tumbuh sehat adalah dengan melakukan penyiraman. Tak asal main siram saja, tetapi Anda harus mengatur pola dan waktu penyiraman agar tidak mengalami penggenangan yang berakibat pada matinya tanaman.

5 dari 5 halaman

Pangkas tepat waktu

7. Pangkas tepat Waktu

Bagaimanakah cara merawat tanaman di pekarangan rumah yang baik? Berikut ini adalah tips-nya!
Proses pemangkasan tanaman menjadi satu bagian yang sama dengan pembersihan. Pemangkasan dibutuhkan untuk menghilangkan ranting atau daun mati yang akan berpengaruh pada tanaman.

8. Rotasi Tanaman Anda

Pergantian tanaman sesuai musim
Sesuaikan tanaman di pekarangan Anda dengan iklim yang sedang berlangsung. Hal tersebut dimaksudkan agar pekarangan Anda tidak rusak oleh karena tanaman yang mati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.