Sukses

Sambut Gerhana, Kemenpar Gelar Berbagai Lomba

Kemenpar menggelar lomba foto, video, dan tulisan yang berkaitan dengan fenomena alam Gerhana Matahari Total.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka menyambut fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016, Kementerian Pariwisata menyelenggarakan lomba foto, video, dan tulisan. Lomba tersebut terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia yang berlangsung mulai 1 Maret - 30 April 2016.

Fenomena GMT diprediksi akan melewati 11 titik di Indonesia, seperti Palembang, Belitung, Bangka, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate, dan Halmahera. Selain itu fenomena Gerhana Matahari Sebagian akan melewati 11 titik lainnya, seperti Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon.

Dalam jumpa pers yang digelar di Ball Room Santika Hotel Hayam Wuruk, Jakarta, Selasa, (16/2/2016), Kementerian Pariwisata selaku penyelenggara menjelaskan, kompetisi ini tak hanya bertujuan mengabadikan GMT saja, tetapi juga mendorong para peserta untuk mengeskplorasi dan menyingkap pesona alam, budaya, serta kuliner di wilayah yang terkena fenomena tersebut. Ada pun tim juri untuk lomba ini melibatkan pihak-pihak yang memiliki kontribusi dalam dunia fotografi, videografis, dan blogger.

Beberapa juri yang terlibat dalam perlombaan ini adalah Barry Kusuma selaku fotografer, Bambang Wijanarko dari Kemenpar, Agus Ryan dari Panorama Media, Febrian Nurrahman selaku videografer, Trinity selaku penulis buku, dan Fransiska Anggraini dari Panorama Media.
Lomba ini nantinya akan dibuka untuk umum dan hanya yang berstatus warga negara Indonesia. Tak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti lomba ini. Para peserta nantinya wajib mengirimkan karya asli dalam rentang periode 2015 sampai 2016

Para peserta hanya diperbolehkan mengirimkan karya yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya, baik berupa foto, video, dan tulisan. Para peserta mengirimkan karya melalui microsite indonesia.travel. Pemenang akan mendapat uang tunai juta-an rupiah dan beragam hadiah menarik lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.