Sukses

Cara Mudah Bersihkan Perhiasan Agar Tampak Baru Saat Valentine

Liputan6.com, Jakarta Perhiasan memang bisa membuat seseorang tampil lebih berkilau pada hari spesial. Menjelang Hari Valentine, Anda pun bisa membersihkan perhiasan lama Anda, agar tampak baru saat dipakai pada hari spesial ini.

Meskipun banyak tersedia jasa membersihkan perhiasan, kegiatan ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Dikutip dari Good Housekeeping, Kamis (11/2/2016), berikut cara mudah membersihkan perhiasan lama Anda supaya bersinar kembali seperti baru.

1. Perhiasan perak

Perhiasan perak yang sudah kusam, berkerak, dan mulai berubah warna dapat kembali berkilau dengan cara mudah. Gunakan sabun ringan dengan air hangat. Celupkan perhiasan tadi ke dalam cairan itu kemudian usap dengan lembut. Setelahnya bilas dengan air dingin dan lap dengan kain hingga kering.

Bila warna perhiasan belum kembali normal, maka gunakan baking soda yang sudah diberi air dengan perbandingan 3:1. Gunakan kain untuk mengusapnya, bukan tisu karena bisa menyebabkan goresan pada perhiasan.

2. Perhiasan emas dan batu berharga

Jika Anda terbiasa menggunakan perhiasan ini sehari-hari, maka lotion, sabun, dan debu akan membuat warnanya kusam. Gunakan sabun dengan busa yang banyak, misalnya sabun cuci piring, untuk mencuci perhiasan ini. Celupkan selama lima menit, kemudian gosok lembut menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Setelahnya, bilas hingga bersih.

3. Mutiara

Karena butiran mutiara memiliki pori-pori, perhiasan ini mudah sekali kehilangan kilaunya dan terlihat kusam. Baik asli atau imitasi, perhiasan mutiara perlu dirawat dengan baik. Celupkan perhiasan ini ke dalam air hangat dengan sedikit sampo. Usap dan bilas perhiasan dengan air dingin dan keringkan dengan kain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini