Sukses

Recharge Semangat Si Introvert dengan Kegiatan Ini

Orang dengan kepribadian introvert perlu menghabiskan waktu sendirian untuk mengisi ulang energinya.

Liputan6.com, Jakarta Seorang introvert pasti tahu rasanya kelelahan setelah terlalu banyak berinteraksi dengan orang. Meskipun mengaku senang bersosialisasi, tetapi mereka juga perlu menghabiskan waktu sendirian untuk mengisi ulang energinya.

Namun, menghabiskan waktu sendirian bukan berarti hanya tidur-tiduran di kamar sendirian. Ada banyak aktivitas yang bisa si introvert lakukan sendirian untuk mengisi ulang energinya. Berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dari Popsugar, Senin (8/2/2016).

1. Kegiatan yang menghasilkan karya
Apapun yang bersifat menciptakan karya, seperti fotografi, prakarya, memasak, menjahit, menyulam, melukis, berkebun, bahkan mewarnai dapat memberikan keuntungan yang besar bagi si introvert. Apalagi jika hasilnya bagus, tentu akan memberikan kepuasan tersendiri.

2. Berbelanja sendirian
Interaksi dengan orang membutuhkan banyak usaha dari si introvert. Karena itu, berbelanja sendirian akan memberikan ruang baginya untuk berdiskusi dengan dirinya sendiri.

via: gurl.com

3. Bersosialisi di grup kecil
Tidak harus diam untuk mengisi ulang energi si introvert. Berinteraksi dengan grup kecil, dua sampai tiga orang juga mampu mengisi ulang energi. Namun, pastikan orang-orang ini adalah teman terpercaya yang membuat si introvert nyaman dan tidak harus canggung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan mengisi ulang energi si introvert

4. Berkendara jarak jauh
Berkendara jarak jauh akan memberikan kenyamanan dengan lingkungan yang terkontrol. Ini mampu membantu si introvert untuk menenangkan diri.

5. Membaca atau menulis
Tidak ada pelarian terbaik seorang introvert daripada membaca buku. Hampir sama dengan menulis yang bisa memberikan ruang bagi si introvert untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan.

6. Olahraga seorang diri
Pilih jenis olahraga yang dapat dilakukan sendirian, misalnya yoga, pilates, berdansa, atau berlari. Olahraga sangat baik untuk memicu hormon yang membuat tubuh bahagia.

Foto: Tips Aman Mendengarkan Musik di Smartphone (fullstreamahead.com)

7. Mendengarkan musik
Ini cara termudah untuk mengisi ulang energi si introvert. Bahkan cara ini dapat dilakukan saat sedang bersama orang lain.

8. Membersihkan rumah
Ini merupakan cara paling efektif dalam mengisi ulang energi. Kegiatan ini memang melelahkan, tetapi ketika rumah sudah rapi dan bersih, kepuasan luar biasa akan bisa dirasakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.