Sukses

Tingkatkan Mood dengan Makanan Sehat

Berikut ini daftar menu makanan sehat untuk meningkatkan mood dan gairah hidup Anda.

Liputan6.com, Jakarta Mengawali hari dengan mood dan suasana hati yang baik akan membuat Anda makin bersemangat dalam beraktivitas. Namun, apa jadinya jika hal sebaliknya yang terjadi?

Banyak cara untuk meningkatkan suasana hati, seperti mengonsumsi snack, liburan, atau menonton film favorit. Jika lebih memilih untuk mengonsumsi snack Anda harus bijak dan pandai memilah agar kesehatan Anda tetap terjaga baik.

Seperti dilansir dari Elle.com pada Rabu (13/1) Liputan6.com merangkum beberapa makanan sehat yang mampu meningkatkan mood sesuai fungsinya tanpa khawatir mengganggu kesehatan Anda

1. Sarapan :

Cerah dan bersinar dengan almond milk matcha cortado

Sarapan : Cerah dan bersinar dengan Almond Milk Matcha Cortado (sumber. Elle.com)
Bagi Anda yang mungkin biasa mengawali hari dengan mengonsumsi kopi karena kafeinnya, mulai dapat beralih ke matcha. Pasalnya, matcha atau teh hijau memiliki tingkat kafein yang jauh lebih kuat dibandingkan kopi. Selain itu, matcha juga mengandung antioksidan dan L-theanine yang tinggi sehingga dapat membuat pikiran lebih tenang.

2. Makan Siang :

Meningkatkan daya ingat dengan salmon, salad alpukat yang dicampur biji labu

Makan Siang : Meningkatkan daya ingat dengan salmon, salad alpukat yang dicampur biji labu (sumber. Elle.com)
Akibat kelelahan dan jenuh belajar atau bekerja pada siang hari, Anda berpotensi mengalami penurunan daya ingat. Untuk meningkatkannya kembali, Anda bisa mengonsumsi daging ikan salmon yang dicampur dengan salad alpukat dan biji labu pada menu makan siang. Kandungan phytonutrisi, omega 3, zinc, magnesium, vitamin B, dan asam amino mendorong serotonin dan dopamine pada otak bekerja dengan lebih maksimal dan berpengaruh pada daya ingat.

3. Snack 1 :

Jus hijau

Snack 1 : Jus hijau (sumber. Elle.com)
Setelah makan siang, terkadang godaan untuk nyemil cukup besar sehingga tak jarang kurang memerhatikan kandungan gizinya. Anda bisa mengganti cemilan tak sehat tersebut dengan jus hijau sebagai snack atau panganan ringan. Kandungan klorofil dan potasium yang terdapat pada jus hijau tersebut membantu tubuh Anda dalam menjaga vitalitas.

4. Snack 2 :

Membuat otak tetap semangat dengan yogurt kelapa dan parutan lemon

Snack 2 : Membuat otak tetap semangat dengan yogurt kelapa dan parutan lemon (sumber. Elle.com)
Pilihan panganan ringan atau snack saat siang hari yang bisa meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat Anda ditengah kejenuhan. Yogurt kelapa dengan parutan lemon bisa menjadi pilihan selanjutnya. Susu merupakan minuman yang cukup sensitif dan mampu meningkatkann daya kerja otak. Penambahan lemon dapat melengkapi kesegaran minuman tersebut.

5. Makan malam :

Ikan, Kentang biru panggang dan wortel

Makan malam : Ikan, Kentang biru panggang dan wortel (sumber. Elle.com)
Makan malam dengan tema umbi dan ikan bisa jadi pilihan sehat untuk Anda seusai lelah beraktivitas. Beberapa jenis umbi-umbian, seperti kentang biru panggang dapat meengaktifkan serotonin yang berfungsi untuk meningkatkan mood Anda.

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini