Sukses

4 Hobi yang Bisa Tingkatkan Produktivitas Anda

Ternyata beberapa hobi tidak hanya sekedar selingan saja, tetapi punya manfaat untuk meningkatkan produktivitas dan membuat Anda kian aktif.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hobi tak hanya menjadi sebuah selingan saat jenuh melakukan rutinitas saja, tetapi juga bisa sebagai sarana untuk mengembangkan diri sendiri. Menjalani hobi, seperti pedang bermata dua, selain dijalankan sebagai sebuah kesenangan, juga mampu meningkatkan produktivitas.

Seperti dilansir dari lifehack.org pada Kamis (19/11), Liputan6.com merangkum beberapa hobi yang dapat meningkatkan produktivitas Anda secara drastis.

1. Naik gunung atau hiking

Ilustrasi Hiking. Foto: argyruntum

Jenis hobi ini membutuhkan kondisi fisik yang prima karena cukup berat untuk dilakukan. Namun, menjalani hobi ini akan mengurangi stres dan kecemasan Anda yang berlebih. Selain itu, menurut studi, energi yang tersalurkan saat melakukan hiking akan membuat Anda jauh lebih fokus dan kreatif. Seseorang dengan hobi hiking meningkatkan kreatifitas seseorang sebesar 50 persen.

2. Membuat daftar keputusan

Ini dia lima serba-serbi daftar kegiatan  yang mungkin belum kamu ketahui.

Banyak yang menganggap bahwa kegiatan membuat daftar keputusan, impian, atau kebutuhan menjadi sebuah hobi. Namun, ternyata kegiatan ini cukup banyak yang melakoninya atas dasar kesenangan dan hobi. Dengan membuat daftar tersebut, Anda mengeluarkan seluruh ide yang menuntut kreativitas sehingga berpengaruh pada meningkatnya produktivitas. Beberapa contoh artis Hollywood yang menjalani hobi ini dan sukses, seperti Richard Branson, Heidi Klum, dan Sandra Bullock.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bermain video game

3. Bermain video game

Main video game bukan hanya sekadar hobi, tapi juga bisa dijadikan bekal kemampuan dalam bekerja.

Banyak yang mengatakan bahwa bermain video game akan membawa dampak negatif dalam kehidupan. Namun, menurut penelitian para ilmuwan di Universitas Queen Mary di London, Inggris menyatakan bahwa bermain video game dapat meningkatkan kemampuan menyusun strategi dan lebih visioner. Selain itu, menurut Dr Brian Glass dari Sekolah Ilmu Biologgi dan Kimia Queen Marry, London, Inggris mengatakan bahwa bermain video game dapat meningkatkan kecepatan seseorang dalam mengambil keputusan.

4. Mendengarkan dan bermain musik

Ia mengaku ia tak pernah belajar piano secara profesional di sekolah musik. Namun berkat keinginan yang kuat untuk bertemu anaknya ia mulai

Musik dianggap sebagai indikator kreatifitas pertama manusia. Hal ini cukup penting mengingat bahwa untuk bermain musik membutuhkan kreatifitas dan fokus, sedangkan mendengarkannya dapat menghilangkan stres dan kecemasan. Menurut para peneliti yang telah melakukan percobaan untuk melihat hubungan antara mendengarkan dan bermain musik dengan efektifitas dalam melakukan pekerjaan yang berulang-ulang. Hasilnya adalah bahwa dengan bermain dan mendengarkan musik, produktivitas Anda akan meningkat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.