Sukses

Apakah Sistem Pengelolaan Keuangan Anda Aman? Ini Tandanya

Periksa sistem pengelolaan keuangan pribadi Anda dengan cara ini. Apakah sudah aman?

Liputan6.com, Jakarta Sudahkah Anda bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan pribadi? Pertanyaan ini penting diajukan pada diri sendiri kalau ingin sukses secara finansial.

Semua orang mestinya bisa menjadi bendahara atau pengelola keuangan bagi diri sendiri. Terlebih bila sudah berkeluarga.

Tanggung jawab mengelola keuangan memang terdengar berat, tapi mutlak mesti dimiliki. Terutama kalau Anda memang berniat memajukan finansial.

Untuk mengetahui apakah Anda sudah bertanggung jawab dengan baik dalam mengelola keuangan, simak tanda-tanda yang sudah dirangkum DuitPintar.com di bawah ini:

1. Asuransi jiwa

Adanya asuransi jiwa adalah salah satu tanda pengelolaan keuangan yang baik. Sebab, keberadaan asuransi ini penting bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga orang lain.

Bahkan ini jauh lebih penting saat Anda sudah memiliki anak. Masalahnya, banyak yang tidak mau ambil pusing soal asuransi jiwa, bahkan menjauhinya.

Kenyataannya, asuransi jiwa sangat berguna untuk menata kehidupan Anda dan keluarga jika terjadi sesuatu yang membuat Anda tak bisa lagi mencari nafkah untuk hidup. Bila Anda kecelakaan dan tak dapat bekerja lagi, misalnya, ada uang pertanggungan dari asuransi jiwa.

Adanya asuransi ini pun bisa membuat pikiran orang tenang, sehingga lebih nyaman dalam menjalani hidup. Siapa sih yang mau hidup dikejar kekhawatiran akan masa depan?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menabung untuk hal penting

Menabung itu wajib hukumnya kalau Anda serius dalam melakukan pengelolaan keuangan. Apalagi kalau menabung untuk hal penting, misalnya untuk beli rumah atau kendaraan.

Kalau Anda sudah rajin menabung untuk hal-hal seperti itu, berarti Anda sudah berada di jalur yang benar untuk urusan finansial. Anda bukan lagi anak kecil yang menabung hanya untuk beli permen atau mainan yang mudah rusak.

3. Punya portofolio

Portofolio di sini bukanlah serangkaian bukti kinerja yang biasa disertakan dalam CV. Melainkan daftar investasi yang berguna untuk masa depan.

Artinya, Anda harus memiliki investasi jika mau dikatakan bertanggung jawab mengelola keuangan. Investasi tidak perlu yang besar-besar, seperti main saham di bursa.

Reksadana atau menabung emas bisa jadi batu loncatan untuk instrumen investasi lain dengan return yang tak kalah menarik. Intinya adalah Anda sadar bahwa investasi itu penting jika ingin punya sokongan finansial yang lebih kuat dari sekadar gaji bulanan.

 

3 dari 3 halaman

4. Punya anggaran

Anggaran penting untuk menjaga keuangan tetap aman. Tanpa anggaran, tidak akan jelas arah tujuan pengelolaan keuangan.

Mau dibawa ke mana uang gaji atau hasil usaha? Mampir ke rekening saja? Buat foya-foya? Ini pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab saat Anda melakukan pengelolaan keuangan.

Dengan memiliki anggaran, kita bisa membatasi pengeluaran. Itulah tanda kalau Anda bertanggung jawab mengelola keuangan.

5. Tidak dikejar utang

Seseorang wajar berutang. Tapi kalau sampai dikejar utang, berarti dia tak serius dalam pengelolaan keuangan. Utang semestinya menjadi penolong ketika keuangan goyang.

Tapi banyak dijumpai kenyataan kalau orang pusing tujuh keliling lantaran terjerat utang. Biasanya, orang-orang seperti ini tidak punya rencana matang saat ambil utang. Walhasil, bingung ketika mesti membayar cicilan untuk melunasinya.

Sebelum memutuskan berutang, seharusnya hitung dulu kemampuan keuangan untuk menentukan berapa utang yang bisa diambil dan cicilan yang bisa dibayar..

Mengelola keuangan bukan perkara gampang, tapi tidak ada yang mustahil. Bila Anda merasa belum memiliki tanda bertanggung jawab mengelola keuangan di atas, inilah saat yang tepat untuk memulainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.