Sukses

Menggunakan Alat Styling Rambut Setiap Hari? Hati-Hati Ini Faktanya

Khusus untuk Anda yang menggunakan alat styling rambut setiap hari, kenali fakta-fakta berikut sebelum helaian rambut Anda rusak.

Liputan6.com, Jakarta Penampilan rambut yang selalu prima memang menjadi impian bagi banyak wanita. Namun terkadang untuk mewujudkannya membutuhkan bantuan alat styling rambut dengan suhu panas tertentu dengan segala risikonya.

Fakta bahwa alat styling rambut dapat merusan helaian rambut mungkin sudah sering terdengar di telinga kita. Dan terbukti, pemakaian alat styling yang berlebih dan tidak sesuai aturan memang menjadi faktor utama penyebab kerusakan rambut.

Sama seperti keramas yang memiliki aturan harus menggunakan sampo dan kondisioner, pemakaian alat styling pun ada aturannya. Mana yang baik dan mana yang tidak, berikut pemaparannya.

Aturan Memakai Hair Dryer

Fakta: Arahkan hair dryer secara horizontal

Ini yang sering kita abaikan. Ketika mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, gerakan hair dryer tidak boleh lurus dari atas sampai bawah rambut. Arah horizontal atau zig-zag, adalah cara terbaik untuk mengeringkan rambut dengan hair dryer. Ini bermanfaat untuk mencegah rambut mudah rapuh dan kering setelah proses pengeringan.

Pastikan juga kita tidak mengeringkan rambut di satu titik terlalu lama. Ini paling sering dilakukan oleh hair stylist salon ketika melakukan blow-variasi pada rambut. Cara ini akan membuat kutikula rambut terbuka (terbelah dua) dan menyebabkan rambut bercabang, mudah patah, serta rapuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan Memakai Alat Catok Rambut

Fakta: Jangan mencatok ketika rambut masih basah

Tidak punya waktu lama untuk mengeringkan rambut sampai benar-benar kering sering menjadi alasan perempuan untuk langsung menggunakan alat catok saat proses styling. Kebiasaan buruk ini akan jauh lebih mempermudah rambut menjadi rusak. Rambut tidak hanya bercabang, rapuh, mudah patah, warna alami rambut pun akan luntur alias terlihat kusam dan tidak berkilau.

Jika kita sering menggunakan alat catok untuk membuat rambut terlihat lebih rapi, sebelum menggunakannya, sebaiknya lindungi rambut dengan heat protectant. Berbeda dengan penggunaan vitamin rambut yang berfungsi untuk menguatkan akar rambut dan membuat berkilau, heat protectant berfungsi melindungi rambut dari arus panas langsung alat styling ke kutikula rambut.

 

   

3 dari 3 halaman

5 Produk Heat Protectant

Untuk melengkapi ritual kecantikan harian rambut kita, FIMELA telah memilih 5 produk heat protectant yang mampu melindungi rambut dari arus panas alat catok dan hair dryer.

Kerastase Elixir Ultimate

Tidak hanya melindungi, Kerastase Elixir Ultimate juga memberi efek lembab pada rambut. Formulanya tidak membuat rambut berminyak, lepek, atau lengket.

Shiseido The Hair Care Aqua Intensive Lotion

Mengandung ekstrak Royal Jelly dan Sodium Chondroiin Sulfate ynag berfungsi untuk memberi kelembaban pada rambut.

Matrix Biolage Thermal Active Setting Spray

Bisa digunakan saat rambut dalam keadaan basah atau kering. Setting hair spray ini juga dapat membuat rambut terlihat lebih mengembang. Untuk kita yang ingin mendapatkan rambut terlihat lebih bervolume setelah melakukan proses blow hair, sediakan selalu produk ini di dalam tas.

Penulis: Arisa Muharliza

Sumber: Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.