Sukses

Minimalisir Pori-Pori dengan Foundation, Ini Caranya

Pori-pori besar tentu menjengkelkan. Ini cara mengatasi pori-pori yang besar hanya dengan foundation.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pori-pori besar di wajah membuat makeup akan terlihat lebih menonjol. Tak hanya itu, memiliki pori-pori yang besar dapat menjadi celah menempelnya kotoran dan debu. Mungkin agak sulit untuk mengecilkan pori-pori yang besar tersebut.

Namun Anda bisa menyembunyikan pori-pori yang besar itu dengan bantuan foundation. Dilansir dari Boldsky pada Senin (5/3/2018) Anda bisa menghilangkan pori-pori Anda dengan foundation. Setidaknya makeup Anda terlihat lebih sempurna tanpa bintik-bintik yang menganggu.

Yang perlu Anda ketahui adalah pori-pori besar biasanya terjadi pada kulit yang memiliki kombinasi kulit berminya. Pori-pori yang tersumbat dengan minyak akan membuatnya terlihat lebih besar. Maka dari itu, sebelum memolesnya dengan foundation Anda harus mempersiapkan kulit Anda terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum meminimalisir pori-pori yang besar dengan foundation.

1. Eksfoliasi

Anda harus membersihkan kulit Anda dari sel kulit mati dan kotoran dengan eksfoliasi secara teratur. Dengan eksfoliasi membantu kulit Anda bernafas dengan baik. Anda bisa menggunakan eksfoliator seperti sikat pembersih atau spons untuk mendapatkan kulit yang bersih.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, gunakan masker wajah sekali dalam seminggu. Hal ini bertujuan untuk mengencangkan pori-pori dan menghilangkan kotoran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minimalisir Pori-Pori dengan Foundation

2. Bersihkan wajah

Wajah yang kotor akan menonjolkan pori-pori yang lebih besar. Gunakan pembersih wajah yang membersihkan kulit secara menyeluruh dan mampu menghilangkan semua kotoran di kulit. Pilihlah pembersih yang mengandung 0,5 sampai 2 persen asam salisilat. Kemudian oleskan pembersih tersebut dengan lembut. Biarkan selama beberapa menit kemudian bilas. Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan pembersih yang mengandung asam laktat dan asam glikolat.

3. Aplikasikan serum dan moisturizer

Setelah kulit Anda dikelupas dan dibersihkan sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit. Pilih serum bebas minyak dan pelembab karena akan membantuk mencegah pori-pori tersumbat.

4. Aplikasikan primer

Dengan memiliki pori-pori yang besar sebenarnya menjadi keuntungan bagi primer karena akan lebih mudah diserap, menjaga makeup untuk tahan lama, mencegah produksi minyak, dan mengisi ruang di pori-pori yang besar tersebut. Oleskan primer dengan menggunakan jari di pori-pori Anda. Mattifying primer yang bebas minyak menjadi pilihan terbaik untuk membuat pori-pori Anda terlihat mengecil.

5. Gunakan matte foundation

Matte foundation membantu membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Matte foundation mencegah kulit terlihat mengkilap dan membantu menutupi pori-pori. Selalu gunakan matte foundation bebas minyak.

3 dari 3 halaman

Minimalisir Pori-Pori dengan Foundation

6. Gunakan foundation dengan cara ditekan

Menerapkan foundation dengan kuas membuat pori-pori terlihat lebih menonjol. Lebih baik aplikasikan foundation dengan ditekan sehingga produk foundation mengisi ruang di pori-pori. Kemudian gosok sedikit untuk membantuk menutupi pori-pori.

Anda bisa menggunakan beauty spons untuk mengaplikasikan foundation. Namun jangan lupa untuk membasahi sponsnya terlebih dahulu sehingga tidak terlalu banyak menyerap produk makeup Anda.

7. Gunakan setting powder

Setting powder membantu menjaga riasan tetap utuh dan juga meminimalisir ukuran pori-pori. Setting powder juga membantu ruang yang terlewatkan oleh primer dan foundation Anda. Hal ini mencegah tampilan mengkilap di wajah Anda. Pilih juga loose powder karena lebih menyatu sempurna di kulit. Karena pressed powder terkadang membuat tampilan lebih cakey.

8. Gunakan blotting paper

Setelah mengoleskan bedak, bukan berarti kulit Anda terbebas dari minyak. Untuk meminimalisir minyak, Anda bisa gunakan blotting paper. Jika Anda tidak memiliki blotting paper, Anda bisa menggunakan tisu satu jaringan dan oleskan dengan lembut di permukaan kulit Anda.

9. Gunakan setting spray

Menggunakan setting spray akan membantu mengunci riasan dan membuatnya tahan lama. Jika Anda terlalu banyak mengaplikasikan foundation, maka setting spray akan membantu menghilangkan kelebihan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.