Sukses

Jerawat Pecah? Atasi dengan Cara Ini

Jerawat pecah saat tak terduga? Jangan panik, atasi dengan cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat pecah memang menyebakna, selain rasa sakit yang dirasakan, tampilan kulit pun terlihat meradang dan kemerahan. Biasanya, banyak cara yang dilakukan oleh para wanita untuk mengatasi jerawat pecah tersebut. Tapi apakah cara tersebut sudah benar? Simak cara mengatasinya berikut ini.

Saat jerawat pecah, pastikan kamu mengeluarkan seluruh cairan putih dalam jerawat semaksimal mungkin. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terbentuknya jerawat pada tempat yang sama pada keesokan harinya. Setelah semua isi jerawat dikeluarkan, jaga kebersihan dari area kulit sekitar jerawat. Hal ini penting dilakukan karena area kulit sekitar jerawat yang pecah telah rusak dan menjadi mudah untuk terserang bakteri. kamu bisa membersihkan area tersebut menggunakan toner dengan kandungan witch hazel untuk membantu menenangkan dan mengurangi kemerahan pada area tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kompres Area yang Meradang

Jerawat pecah selalu diikuti dengan peradangan dan pembengkakan pada area yang mengalaminya. Kondisi tersebut tentu akan membuat wajah kamu menjadi kemerahan pada area tersebut. Untuk meredakan kondisi ini, kompres area yang mengalami peradangan menggunakan es batu yang dibungkus plastik atau kain bersih selama 10-15 menit. Selain mengurangi kemerahan pada kulit, rasa sakit pada area berjerawat pun akan berkurang.

Obati Luka Terbuka Pada Jerawat

Karena sekarang jerawat kamu sudah menjadi luka terbuka, cara menanganinya tentu berbeda dengan penanganan jerawat. Jerawat yang sudah pecah sebaiknya tidak diobati menggunakan acne spot treatment. Produk acne spot treatment umumnya memiliki kandungan benzoyl peroxide atau salicylic acid sebagai kandungan utama untuk mengobati jerawat. Namun, apabila diaplikasikan pada luka yang terbuka, kedua bahan tersebut justru dapat menyebabkan iritasi. kamu lebih baik melindungi dan mengobati luka jerawat pecah dengan menggunakan antibiotic ointment yang dijual di pasaran. Selain dapat melindungi dan menyembuhkan, antibiotic ointment juga dapat mencegah terbentuknya bekas jerawat.

3 dari 3 halaman

Hindari Menyentuh Jerawat

Ini mungkin salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan, yaitu menahan jari untuk menyentuh luka jerawat. Apalagi bila luka jerawat sudah mulai mengering, pasti ada kecenderungan untuk menggaruk luka tersebut. Coba tahan diri kamu untuk melakukan hal tersebut, ya! Menyentuh atau menggaruk luka jerawat pecah dapat berujung dengan terjadinya infeksi pada area tersebut. Jika dirasa perlu, tutup luka kamu menggunakan plester kecil.

Kurangi Penggunaan Makeup

Tampilan jerawat dan area sekitarnya yang kemerahan sering kali ingin ditutupi. Penggunaan foundation dan concealer seringkali dianggap sebagai solusi dari permasalahan ini. Namun, pengaplikasian makeup pada luka jerawat yang terbuka dapat menjadi jalan masuk bagi bakteri dan menyebabkan infeksi berlanjut. Kurangi penggunaan makeup untuk menjaga area luka tetap bersih dan bisa ‘bernapas’ sementara waktu ya!

Penulis:  Nisita Widinati

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini