Sukses

Kunyit Mampu Mencegah Kebiasaan Lupa? Mitos atau Fakta?

Benarkah kunyit dapat mencegah kebiasaan lupa bila dikonsumsi secara rutin?

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka kunyit sebagai salah satu bumbu dapur yang kerap ada di dalam aneka masakan Indonesia ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk melezatkan makanan. Kunyit juga diyakini sebagai ramuan yang dapat mencegah kebiasaan lupa pada diri seseorang. Benarkah?

Dilansir dari Independent, sebuah jurnal penelitian yang dilakukan oleh University of California Los Angeles mengungkapkan bahwa kunyit mampu membantu orang-orang yang sering mengalami gejala lupa atau hilang ingatan ringan yang terkait dengan usia, bila dikonsumsi secara rutin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kandungan kurkumin

Ilustrasi Foto Kunyit (iStockphoto)

Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin yang ada dapat mengurangi peradangan otak yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer dan depresi berat.

Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa Anda cukup mengonsumsi sebanyak 90 miligram kunyit sebanyak dua kali dalam sehari.

3 dari 3 halaman

Khasiat istimewa dari kunyit

Ilustrasi Foto Kunyit (iStockphoto)

Hasilnyapun cukup memuaskan, mereka yang rutin mengkonsumsi selama 18 bulan menunjukkan perbaikan ringan. Tidak hanya itu, dari hasil penelitian tersebut juga disebutkan bahwa tidak hanya membantu mengembalikan ingatan kunyit juga diyakini mampu meningkatkan mood dan rasa senang pada seseorang.

*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini