Sukses

Ikut Yuk, Ancol Gelar Lomba Foto Gerhana Bulan

Selain menyediakan lokasi pengamatan dan salat gerhana berjamaah, Ancol juga menggelar lomba foto gerhana bulan pada 31 Januari.

Liputan6.com, Jakarta Selain menyediakan lokasi pengamatan dan menghadirkan ahli terkait fenomena alam langka gerhana bulan pada 31 Januari 2018, Taman Impian Jaya Ancol juga akan menggelar lomba foto gerhana bulan. Menurut informasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jakarta, lomba foto yang dibuka untuk umum ini boleh menggunakan jenis kamera apapun, termasuk kamera smartphone. Hanya saja foto harus diambil di kawasan Ancol pada saat aktivitas pengamatan berlangsung.

Rika, Marketing Communication Taman Impian Jaya Ancol saat dihubungi Liputan6.com, Senin (29/1/2018) membenarkan adanya lomba foto gerhana tersebut. Dirinya mengatakan, lomba foto gerhana bulan jadi acara lain di Ancol selain pengamatan dan salat gerhana.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat dan Ketentuan

Syarat yang harus dilakukan peserta lomba adalah menggunggah hasil karya foto ke media sosial Instagram paling lambat 4 Februari 2018, dengan tambahan hashtag #ancolgerhanabulan dan #ancolovers. Peserta juga wajib mengikuti Instagram @ancoltamanimpian. Tiap peserta hanya boleh mengirimkan maksimal dua foto dengan batas penyuntingan hanya pada cropping, saturasi, dan kontras. Para pemenang berhak atas beragam hadiah menarik yang telah disediakan pihak Ancol.

3 dari 3 halaman

Cara Motret Gerhana Bulan

Mengabadikan momen gerhana bulan dan fenomena alam di atas awan pada umumnya memang gampang-gampang susah. Banyak orang merasa berhasil mengambil gambar gerhana bulan, meski hasilnya biasa-biasa saja.

Bram Aditya, travel fotografer profesional saat dihubungi Liputan6.com mengatakan, untuk dapat hasil foto gerhana bulan yang tidak biasa, paling tidak seseorang harus menggunakan lensa tele berukuran 70-200 atau yang setara. Tripod juga jadi perlengkapan yang wajib dibawa untuk menghasilkan gambar yang bagus.

“Kalau secara teknis foto paling apperture saja digedein, minumum 8,” ungkap Bram.

Lebih jauh dirinya mengatakan, untuk hasil foto gerhana yang lebih dramatis, pemilihan angle foto menjadi sangat menentukan.

“Untuk foto yang lebih dramatis dengan foreground kayak pohon atau bangunan, perlu juga pakai lensa wide atau lensa kit juga bisa,” kata Bram.

Membaca pergerakan, kemunculan, dan cuaca di sekitar pengamatan juga jadi hal penting dilakukan saat ingin memotret gerhana bulan. Beberapa aplikasi digital pengamatan bulan bahkan sudah bisa diunduh via smartphone, salah satunya adalah Sunpath.

“Paling problemnya mendung, cuaca lagi jelek, sama angin kenceng, bisa bikin tripod goyang, hasil foto jadi kurang bagus,” kata Bram menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.