Sukses

5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut

Simak 5 kebiasaan yang tanpa disadari mampu merusak rambut Anda.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang kita ketahui, rambut merupakan mahkota wanita yang wajib dijaga kesehatannya. Tapi faktanya, tanpa disadari rutinitas harian seringkali menyebabkan rambut rusak dan kehilangan kecantikan alaminya. Seperti yang dilansir dari zoereport.com, beriut lima kebiasaan yang mampu merusak rambut Anda.

1. Mandi dengan air panas

Mandi dengan air panas memang mampu memberikan sensasi relaks pada tubuh. Akan tetapi hal ini tak berlaku pada rambut Anda. Faktanya, mandi dengan air panas justru bisa menghilangkan kandungan minyak alami pada kulit kepala Anda dan menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi kering.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tidur di bantal yang salah

Ilustrasi seorang wanita sedang tidur.

Tanpa disadari material bantal dapat merusak rambut Anda. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk melapisi bantak dengan sarung berbahan silk yang lembut sehingga tidak merusak rambut Anda.

3. Sering menggunakan alat styling rambut

Seperti yang kita ketahui, alat styling rambut memang mampu menciptakan tatanan rambut ala salon. Namun efek sampingnya pun terbilang cukup signifikan. Hawa panas yang ditimbulkan dari alat styling seperti hair dryer, curling iron, hingga catokan mampu merusak lapisan permukaan rambut. Oleh sebab itu, pastikan berikan proteksi terlebih dahulu pada rambut agar terlindungi secara optimal.

3 dari 3 halaman

4. Terlalu kasar saat menyisir rambut

Sisir yang mempunyai kelebihannya sendiri. (via: purewow.com)

Saat rambut kusut, tentu Anda akan mengandalkan sisir untuk mengurai kekusutan pada rambut. Akan tetapi jika dilakukan dengan kasar, justru akan membuat rambut menjadi rontok. Jadi pastikan menyisir rambut secara lembut.

5. Mengikat rambut terlalu kencang

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, kegiatan menguncir rambut tentu menjadi hal lumrah yang dilakukan setiap harinya. Namun teernyata, mengikat rambut terlalu kencang dapat membuat rambut menjadi patah dan rontok. Pastikan untuk memilih ikat rambut berbahan dasar lembut dan tak memiliki sambungan atau elemen metal yang mampu memperah kerusakan rambut Anda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.