Sukses

6 Cara Belanja Online Paling Efektif

Hobi belanja online? Intip tips efektif berikut ini.

 

Liputan6.com, Jakarta Berkurangnya toko ritel yang biasanya menjadi pusat perbelanjaan tentu mengurangi pilihan kita untuk mencari produk-produk fashion terkini. Sebab, bila dibandingkan dengan belanja online, belanja di department store memiliki kelebihan tersendiri.

Kita bisa mencoba langsung barang-barangnya di kamar pas, dan memegang produknya di tangan. Kita juga tidak perlu menunggu barang datang. Begitu bayar di kasir, barang incaran langsung bisa dibawa pulang. Beda dengan belanja online yang harus menunggu pengiriman dan lihat barangnya hanya lewat Internet.

Meski begitu, terkadang belanja online itu lebih menguntungkan. Terutama bila Anda mengetahui enam cara belanja online yang efektif. Pasti hasilnya maksimal, dan Anda makin hemat dalam berbelanja.

Mau tahu cara belanja online yang ampuh menghemat pengeluaran? Berikut ini langkahnya dari DuitPintar.com.

1. Manfaatkan shopping search engine

Beli barang secara online tentu harus lewat online shop atau akun-akun media sosial pedagang online. Tapi Anda juga perlu memanfaatkan situs shopping search engine agar hasil belanja Anda optimal.

Misalnya Anda mencari kamera digital merek X. Klik saja di kolom “search”, dan mesin pencari bakal menampilkan beberapa penawaran atas barang tersebut di beberapa situs e-commerce. Nah, dengan menggunakan mekanisme ini, Anda bisa memilih barang yang paling murah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Dapatkan voucher untuk potongan harga

Ilustrasi belanja Online (iStockphoto)​

Selain memanfaatkan shopping search engine, Anda juga perlu tahu cara belanja online yang satu ini. Supaya lebih hemat, Anda bisa berburu voucher untuk mendapatkan potongan harga. kunjungi situs-situs yang sering memberi penawaran voucher belanja.

3. Belanja dengan kartu kredit tertentu

Belanja dengan kartu kredit bukan berarti harus dilakukan agar bisa nunda pembayaran. Tapi lebih untuk mencari promo yang tepat.

Beberapa situs e-commerce punya kerja sama dengan kartu kredit tertentu. Mereka bisa saja menawarkan potongan transaksi berapa persen atau cashback.

Penawaran seperti ini biasanya dipampang di situs e-commerce, tepatnya di homepage atau di halaman promonya. Jangan lupa dicari tahu ya biar belanjanya tidak rugi.

 

3 dari 3 halaman

4. Tentukan waktu shopping yang pas

Ilustrasi belanja Online (iStockphoto)​

Cara belanja online yang efektif tidak hanya soal strategi, tapi juga waktu. Toko online punya momen-momen tertentu yang wajib dimanfaatkan untuk beli barang dengan harga miring.

Beberapa momen yang harus Anda ketahui ketika mau berbelanja online adalah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dan Flash Sale. Saat Harbolnas berlangsung, diskon yang bisa Anda dapatkan bahkan mencapai 90 persen!

Lalu apa itu Flash Sale? Flash Sale intinya adalah tawaran potongan harga dalam waktu tertentu, paling sering dalam waktu satu hari saja. Diskonnya kadang besar juga lho, bisa di atas 50 persen. Makanya, jangan sampai kelewatan waktu-waktu ini ya.

5. Beli pakaian yang bergaya klasik

kalau mau belanja produk fashion secara online, beli saja t-shirt, polo shirt, atau topi. Kalau mau beli celana, mungkin pilihan bijaknya ya celana jogger yang potongan tidak berisiko apabila Anda membelinya tanpa dicoba.

6. Beli dalam jumlah banyak

Ketika belanja online, ada baiknya Anda beli barang dalam jumlah banyak sekaligus. Ini akan lebih hemat ketimbang Anda beli sedikit tapi sering. Kenapa? Karena setiap belanja online pasti ada ongkos kirimnya.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini