Sukses

8 Manfaat Gym Bayi yang Tak Hanya Menyenangkan

Dapatkan berbagai manfaat senam anak (gym bayi) yang ternyata mampu mempengaruhi tumbuh kembangnya. Cek infonya disini.

Liputan6.com, Jakarta Senam anak untuk balita atau baby gym kini sedang populer. Kepopulerannya membuat baby gym dilirik para orang tua yang ingin memasukkan buah hatinya ke kelas senam bayi atau anak. Baby gym bisa menjadi salah satu cara belajar sedari dini yang mampu merangsang sensori dan motorik si kecil. Selain itu, apa saja ya manfaat senam anak atau baby gym?

 

1. Merangsang Motorik Anak

Baby gym atau senam anak balita bisa dilakukan saat berusia 3-6 bulan. Ia mampu mendapatkan rangsangan sensori dan motorik lebih baik. Selain itu, suara bunyi-bunyian dan musik mampu menstimulasi auditorinya. Jika ibu ajak ia senam di tempat senam khusus bayi, maka lampu-lampu yang berkilauan juga mampu merangsang matanya. Hal inilah yang mampu membuatnya berlatih koordinasi dari setiap panca inderanya.

2. Melatih Keseimbangan

Latihan senam anak mampu melatih keseimbangan tubuh dan juga fleksibilitas tubuhnya. Hal ini sangatlah penting terutama saat mempersiapkan si kecil untuk mampu berdiri, melompat, berlari dengan sikap sempurna.

3. Memperkuat Otot

Gerakan khusus pada senam anak juga mampu memperkuat otot punggung dan perut si kecil. Maka, si kecil pun mampu terbiasa dalam gerakan berlari hingga melompat. Manfaatnya dari senam anak ini adalah melatih otot anak tidak mudah cedera sedari dini.

4. Melatih Konsentrasi

Senam pada anak juga mampu melatih konsentrasinya. Dengan gerakan-gerakan yang harus tepat membuat anak fokus dengan apa yang ia lakukan. Selain itu, keseimbangan tubuh pun akan ikut terlatih karena banyak gerakan yang membuat tubuh harus tetap seimbang, bagaimanapun geraknya.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

 

 Ilustrasi Foto Keluarga (iStockphoto)

5. Untuk Mental Sosialnya

Dengan mengikuti senam anak, maka ia akan dilatih untuk berfikir kreatif atas pemecahan masalah-masalah geraknya. Maka, ia pun mampu melatih mentalnya dalam menggunakan kemampuan berfikirnya. Selain itu, self-concept (konsep diri) pada anak juga akan terlatih dimana ia mampu memiliki konsep positif karena berhasil bergerak sesuai dengan yang diharapkan.

6. Lebih Percaya Diri

Senam anak juga bisa meningkatkan kepercayaan dirinya terlebih lagi jika ia mampu berprestasi. Olahraga dengan senam ini mampu membuat anak berfikir positif melalui pengembangan ketrampilan. Aktifitas fisik ini pun mampu menumbuhkan citra diri sehat dan lebih positif dengan diri sendiri.7. Melatih SportifitasSedari dini, anak penting sekali untuk memahami arti sportifitas. Dengan berolahraga, maka ia akan belajar menghargai menang dan kalah secara sportif. Maka, ketika ia dewasa, sikap ini pun akan ia bawa dan berusaha melakukan yang terbaik dan tetap sportif.

 

Ilustrasi Foto Keluarga (iStockphoto)

8. Meningkatkan Kesehatan

Senam anak tentu dapat meningkatkan kesehatan anak. Resiko penyakit hingga obesitas sedari dini pun mampu di cegah dengan aktivitas fisik ini. Si kecil pun mampu membakar kalori dengan sangat menyenangkan dan belajar untuk selalu hidup sehat.

Harga RockStar Gym di Lakupon

Anda bisa ajak si kecil untuk ikut kelas gym khusus anak-anak seperti di RockStar Gym. Sebagai tempat pusat pengembangan fisik hingga kemampuan kognitif, RockStar Gym membuat balita, anak-anak hingga remaja lebih aktif dalam fisik mereka yang lebih positif. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap dan menarik seperti gymnastik, balet, dance, FunFit and Sport dan seni bela diri.Anda bisa mencoba RockStar Gym dengan gunakan voucher diskon hingga 50% di Lakupon, klik DI SINI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.