Sukses

Intip 5 Tips Khusus untuk Pelajar di Selandia Baru

Ingin menimba ilmu di Selandia Baru? Ini Tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi pelajar internasional di Selandia baru adalah pengalaman yang luar biasa, tentu dengan segudang tantangan dan keunikan tersendiri. Di Selandia Baru Anda bisa mendapatkan gaya belajar praktis yang mendorong pemikiran kreatif daripada belajar dengan menghafal.

Selain itu, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai tempat dan orang sekitar dengan berinteraksi dengan budaya baru, seperti budaya Maori yang unik di Selandia Baru.

"Saya benar-benar merasa diterima di Selandia Baru sejak pertama saya datang ke Selandia Baru. Meskipun terkadang saya merindukan rumah, namun selalu ada sesuatu yang mampu mengalihkan rasa rindu saya, seperti teman yang baik, lingkungan yang menyenngkan, dan banyak lainnya. Bahkan institusi tempat saya menuntut ilmu pun bertanggung jawab untuk memastikan bahwa saya diperhatikan dengan baik selama berada di Selandia Baru," kata Candy Gunawan, alumni Le Cordon Bleu, Welington, Selandia Baru pada Senin (11/12/2017).

Rasa rindu rumah akan selalu muncul saat Anda pergi jauh menimba ilmu di luar negeri. Untuk menyiasatinya berikut lima tips jitu untuk membuat para pelajar agar merasa nyaman di Selandia Baru.

1. Berbicara dengan banyak orang

Berbicara dengan orang lain adalah cara yang baik untuk membantu Anda lupa akan rasa rindu dengan rumah saat pertama kali tiba di Selandia Baru. Terkadang, memang sulit berbicara dengan seseorang yang tidak Anda kenal, terutama jika bahasa Inggris bukan bahasa utama Anda. Jadi mulailah perlahan berbicara dengan orang di sebelah Anda di kelas atau dengan seseorang di lantai yang sama dengan tempat tinggal Anda.

Jika Anda tinggal di homestay atau berbagi flat dengan orang lain, keluarlah dari kamar Anda dan berbicara dengan keluarga homestay Anda atau teman flat Anda.

2. Menangkal rasa rindu rumah

Merasa rindu saat pertama kali tiba di negara lain adalah hal yang wajar. Semuanya baru dan berbeda, bahkan hal sederhana seperti membeli makanan di supermarket bisa terasa seperti tantangan. Ketika Anda mulai merindukan rumah, cobalah menemukan sesuatu untuk mengalihkan pikiran Anda seperti pergi jalan-jalan, pergi ke gym, atau fokus mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Anda juga bisa menghubungi teman atau anggota keluarga di rumah, tapi cobalah untuk tetap fokus pada apa yang Anda sukai dari kehidupan baru Anda, bukan apa yang membuat Anda tidak bahagia. Ini akan membantu Anda merasa lebih positif selama berada di Selandia Baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Jangan takut untuk bertanya dan meminta bantuan

Siswa di Selandia Baru diharapkan dapat berinteraksi dengan guru dan dosen mereka dengan mengajukan pertanyaan. Jadi jika Anda tidak mengerti sesuatu, mintalah penjelasan. Penting juga untuk mengajukan pertanyaan dalam situasi lain. Orang Selandia Baru suka membantu jadi jika Anda tersesat atau Anda tidak yakin bus mana yang harus ditumpangi, cobalah untuk bertanya.

4. Jaga kesehatan dan tetap aktif

Menjaga pola makan, tidur yang cukup dan berolah raga bisa membantu tetap sehat. Bergabunglah dengan tim olahraga atau mendaftar ke gym di universitas Anda. Pastikan untuk Anda tetap aktif, jadi ajaklah sekelompok siswa internasional lainnya untuk berjalan-jalan di akhir pekan.

5. Atur pengeluaran Anda

Stres memikirkan uang dapat mengalihkan perhatian Anda dari pelajaran. Anda dapat membuat perhitungan biaya hidup sistematis untuk membantu menyusun anggaran yang realistis saat menuntut ilmu di Selandia Baru. Begitu Anda telah memiliki perencanaan keuangan, upayakan untuk tidak mengeluarkan terlalu banyak uang. Periksa saldo bank Anda secara teratur, dan belanja hanya hal yang dibutuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.