Sukses

7 Langkah yang Harus Dilalui Sebelum Balik dengan Mantan Kekasih

Memberikan kesempatan kedua pada mantan kekasih? Jalani dulu 7 langkah ini

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda sudah mengakhiri hubungan pasangan, bukan tidak mungkin jika tidak bisa kembali bersama. Namun seorang psikolog Dr. Joel Block memperingatkan bahwa tidak setiap kisah cinta yang kembali hidup dengan mantan kekasih akan menghasilkan hubungan yang lebih bahagia.

Melansir dari livestrong.com, Senin (11/12/2017), Anda boleh saja memberikan kesempatan kedua pada mantan kekasih. Tapi lihat dulu beberapa tahapan yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin membuka kembali kisah cinta Anda bersama mantan.

1. Buat daftar alasan putus

Buatlah daftar alasan yang membuat hubungan Anda dan mantan bisa putus. Mungkin bisa tentang komunikasi yang tidak baik, ketidakjujuran, perselingkuhan, pelecehan fisik atau emosional, atau tidak siap bertanggung jawab dalam hubungan yang serius. Kemudian tanyakan kembali pada diri Anda apa yang telah berubah selepas berpisah.

2. Tentukan alasan kenapa harus kembali

Jika Anda hendak kembali pada mantan kekasih, tentukan alasan yang paling tepat untuk memberi dia kesempatan.  Salah satu alasan terbaik memberi kesempatan adalah menyadari Anda selalu memperhatikannya bahkan setelah putus.

Anda telah tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa dan bersedia mengakui keterlibatan atas putusnya hubungan di masa lampau. Penulis buku Judy McGuire mengatakan kebanyakan wanita kembali ke pelukan mantan kekasih karena merasa kesepian, tertekan, atau baru saja dicampakkan orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembali ke Mantan? Kenapa Tidak?

3. Pastikan mantan Anda juga tertarik

Anda harus memastikan apakah mantan kekasih juga memiliki kesamaan untuk kemnbali. Anda bisa mengumpulkan informasi ini dari teman-temannya atau bertanya langsung padanya dalam obrolan yang serius. Anda pun harus jujur pada diri Anda sendiri untuk menentukan akan kembali atau tidak.

4. Tentukan komitmen

Ketika sudah mantap untuk kembali kepada mantan , Anda perlu bertemu dengannya untuk menentukan komitmen sebelum kisah menjalani hubungan kembali. Menurut Psikolog Dr. Shirley Glass, begitu penting untuk menegaskan beberapa hal yang menjadi akar kandasnya hubungan.

Jika alasan putus karena mantan selingkuh, Anda harus katakan dengan tegas bahwa tidak lagi toleran jika ia kembali melakukan hal yang sama. Mantan Anda juga perlu menunjukkan dia tidak akan selingkuh lagi. Sehingga sifat posesif Anda bisa berkurang.

5. Kunjungi tempat favorit

Anda bisa mengajak untuk kembali ke tempat favorit yang memiliki kenangan manis bersama mantan. Menurut McGuire, jangan lupa untuk mencoba hal baru. Ini sangat penting untuk membawa Anda sama-sama pada kondisi yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Ini akan merangsang perasaan cinta yang terasa sementara. Hal terakhir yang perlu Anda lakukan dalam proses 'menghidupkan kembali' perasaan cinta adalah membuat dia berpikir bahwa Anda sedang melakukan perbandingan antara yang dulu dengan sekarang.

3 dari 3 halaman

Kembali ke Mantan? Kenapa Tidak?

6. Kenali kesempatan kedua ini

Jika cinta lama telah bersemi kembali, Anda perlu menanamkan pada definisi dari kepercayaan. Di mana kepercayaan merupakan sebuah perasaan yang aman secara fisik dan emosional. Anda butuh rasa saling menghormati akan kebutuhan masing-masing dan saling berkomunikasi. Bisa jadi ini akan membawa Anda pada hubungan yang lebih erat.

7. Biarkan teman dan keluarga tahu

Teman dan keluarga perlu tahu jika Anda hendak kembali dengan mantan kekasih. Keputusan tetap ada di tangan Anda. Gunakan mereka sebagai bahan pertimbangan di saat Anda mulai ragu. Ingat! Hanya pertimbangan bukan keputusan final.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini