Sukses

Banyak Wanita Salah Pilih Sepatu, Padahal Efeknya Berbahaya

Berikut ini dampak berbagaya jika Anda salah memilih ukuran sepatu

Liputan6.com, Jakarta Sepatu memang merupakan salah satu item fashion yang patut diperhitungkan. Alih-alih untuk mempermanis penampilan, salah dalam memilih sepatu justru akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan kaki Anda.

Melansir dari Star2, Senin (16/10/17), menurut seorang ahli bedah ortopedi di Mayo Clinic, Dr Glenn Shi menyebutkan, selain menimbulkan ketidaknyamanan saat berjalan, pemilihan sepatu yang tidak tepat akan menyebabkan sakit dan masalah lain pada kaki.

Jika Anda memilih sepatu dengan jenis dan ukuran yang tidak sesuai dengan kaki, maka akan menimbulkan bekas luka dan bahkan kelainan bentuk. Maka wajar saja pada saat Anda mengenakan sepatu baru, sering kali bagian belakang pada kaki akan memerah dan menimbulkan bekas luka yang perih.

Dampak Salah Pilih Sepatu

Shi juga membenarkan, hampir kebanyakaan wanita salah memilih ukuran sepatu. Misalnya beberapa sendal jepit tidak memberikan cukup area untuk menutupi keseluruhan kaki.

Belum lagi heels yang tinggi dan sempit yang akan memberikan tekanan pada tulang di jari-jari kaki sehingga akan menghasilkan bunions dan neuroma atau penebalan jaringan menyakitkan yang berada di sekitar saraf seperti yang sering terjadi pada jari kaki ketiga dan keempat.

Oleh sebab itu, yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu yang cocok adalah menemukan sol yang baik, rongga yang cukup besar untuk menahan kaki pada saat Anda berdiri, dan yang terakhir adalah menemukan bantalan yang nyaman sehingga tidak menyakitkan saat kaki Anda bersentuhan dengan lantai. Jadi mulai sekarang, lupakan bentuk sepatu yang unik dan lucu jika ingin membuat kaki Anda merasa nyaman saat mengenakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini