Sukses

Mengapa Semua Pengiring Pengantin Harus Berpakaian Sama?

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa semua pengiring pengantin harus berpakaian yang sama? Simak di sini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pernah atau sering menghadiri acara pernikahan, mungkin budaya pengiring pengantin yang satu ini tidak lagi tampak asing. Mungkin Anda juga sering bertanya-tanya mengapa semua pengiring pengantin harus mengenakan pakaian yang sama pada hari pernikahan orang terkasih mereka?

Dari mana asalnya budaya ini dan mengapa? Dilansir dari thelist.com, Senin (4/9/2017), berikut adalah alasan sebenarnya mengapa pengiring pengantin harus mengenakan pakaian yang sama. Penasaran?

1. Karena pernikahan dan pemakaman kerajaan
Menurut Lou Taylor, seorang profesor sejarah pakaian di Universitas Brighton, budaya ini dimulai ketika pesta pernikahan Queen Victoria pada tahun 1841. Semua orang yang hadir ke acara tersebut, baik pengiring pengantin maupun tamu diharuskan mengenakan dress putih, agar tampak serasi dengan gaun putih Queen Victoria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakaian pengiring pengantin

2. Untuk mengusir roh jahat
Ya, menurut Hanne Bank, penulis Virgon, the Untouched History, pakaian pengiring pengantin dan tamu undangan yang sama adalah cara untuk menjaga pengantin dari roh jahat yang ingin mengganggu atau melukai mereka. Selain itu, pakaian yang sama atau serasi dengan pengantin akan membuat roh jahat kebingungan, sehingga pengiring pengantin secara tidak langsung juga bertugas menjaga pasangan tersebut.

3. Untuk mengusir penculik pergi
Penculik di sini bisa diibaratkan sebagai mantan kekasih, selingkuhan, anggota keluarga yang tidak setuju, dan masih banyak lagi. Menurut sejarah Roma dan Tiongkok, pengantin wanita harus menempuh jalan yang jauh untuk menuju rumah barunya setelah menikah, sehingga pakaian pengiring pengantin yang sama dapat mengelabui para penculik tentang mana pengantin yang sebenarnya.

4. Untuk memastikan tidak ada yang ingin mengalahkan pengantin
Queen Victoria mengharuskan semua pengiring pengantin atau tamu undangan yang hadir di acara pernikahannya menggunakan pakaian dengan bahan, potongan, warna, model, hingga aksesori yang sama. Mengapa? Agar tidak ada yang tampil terlalu menarik atau lebih menarik daripada yang lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.