Sukses

Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Langkah Praktis

Coba langkah tepat dan praktis untuk mengatasi kulit wajah berminyak.

Liputan6.com, Jakarta Kulit wajah berminyak merupakan tempat yang paling nyaman bagi jerawat untuk tumbuh dan berkembang. Mungkin Anda sering bertanya-tanya bagaimana perawatan yang tepat untuk menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah?

Dilansir dari Seventeen, Senin (4/9/2017), seorang ahli dermatologi di New Tork City, Heidi Waldroft, MD, mengungkapkan bahwa kulit berminyak tidak terlepas dari pengaruh genetika seseorang. Selain itu, kulit berminyak juga diperburuk oleh aktivitas sehari-hari, lingkungan, dan hormon pada tubuh. Namun, enam langkah praktis berikut bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah minyak berlebih pada wajah.

1. Gunakan Pembersih yang Tepat
Pilihlah pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk wajah yang berminyak. Dr Waldroft juga merekomendasikan untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat.

2. Toner
Gunakanlah toner minimal sekali atau dua kali dalam seminggu. Alih-alih menghilangkan jerawat, penggunaan toner yang berlebihan justru akan membuat permukaan wajah menjadi lebih berminyak dan iritasi.

3. Pelembap
Jangan pernah meninggalkan rumah tanpa menggunakan pelembap pada wajah. Karena menjaga kelembapan kulit akan membuat lapisan luar kulit dapat menghalangi iritasi luar, seperti bakteri dan sinar UV sehingga kulit berminyak dapat dihindari. Pilihlah pelembap yang ringan dan mengandung asam hyaluronic atau gliserin.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Vitamin A

Untuk kulit berminyak, sangat disarankan menggunakan produk yang mengandung vitamin A. Sebab, vitamin A diyakini akan mempercepat perputaran sel, mengeluarkan minyak yang terjebak dalam pori-pori kulit, serta sebagai salah satu anti-penuaan kulit yang baik.

5. Krim Malam
Gunakanlah krim malam sebelum Anda tidur. Pilihlah krim yang memiliki konsentrasi rendah asam atau enzim.

6. Pilihan Riasan
Pilihlah produk makeup yang terlalu berat yang justru akan menyumbat pori-pori wajah. Carilah produk yang memiliki tekstur yang dapat mengontrol minyak dan menghapusnya sebelum Anda tidur, sehingga kulit dapat bernapas sepanjang malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.