Sukses

Inilah 6 Tanda Anda Terlalu Stres

Masalah yang Anda hadapi biasanya akan menjadi beban pikiran dan berujung stres. Inilah 6 tanda Anda terlalu stres.

Liputan6.com, Jakarta Apakah akhir-akhir ini Anda mengalami hal yang berat, dan menjadikkan Anda merubah beberapa kebiasaan Anda? Bila hal ini benar terjadi pada Anda, mungkin penyebab terbesar adalah stres yang Anda alami. Untuk itu, Anda harus mengetahui sampai mana batas Anda harus merubah kebiasaan baru, yang disebabkan oleh stres. Berikut 6 tanda Anda mengalami stres berlebihan, dilansir dari Seventeen.com, Sabtu (2/9/2017).

1. Terlalu Banyak Tidur

Dalam beberapa kasus, orang yang mengalami stres biasanya tidur larut malam. Hal ini akan berdampak pada siklus tidur Anda, Anda akan tidur larut malam dan menghabiskan waktu tidur seharian. Maka tidak heran Anda akan terbangun pada siang atau sore hari, setelah itu badan akan terasa lemas dan malas bangun untuk melakukan berbagai aktvitas. Adapaun orang yang stres berlebihan, tidak melakukan apa-apa dan memilih untuk tidur. Bagi mereka, dengan tertidur, masalah yang sedang dialami akan hilang atau sedikit teratasi. 

2. Mudah Sakit

Bila pikiran Anda sedang tertekan, biasanya akan berdampak juga bada kondisi tubuh Anda. Dalam kondisi stres tinggi, sistem kekebalan tubuh Anda berkurang sebanyak 30 %. Hal ini memungkinkan Anda mudah sakit dan terkena beberapa penyakit, seperti flu, sakit kepala, demam, dan sakit perut. Bila tubuh Anda merasa membutuhkan istirahat, sebaiknya luangkan waktu untuk tidur atau bersantai. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mudah Lupa

Hal ini dapat terjadi pada Anda, bila Anda terlalu banyak memikirkan masalah yang sedang Anda alami. Anda cenderung fokus pada hal yang sedang Anda khawatirkan, dan sulit untuk fokus pada hal lain. Untuk itu, tidak jarang Anda akan sering melupakan dimana Anda meletakkan ponsel atau kunci mobil Anda. Untuk mengembalikan konsentrasi, cobalah keluar dari masalah Anda. 

4. Mudah Marah

Apapun yang Anda lakukan, ataupun teman kantor Anda lakukan tampaknya semuanya salah. Anda mulai gampang emosi dan menunjukkan rasa ketidaknyamanan Anda, pada hal yang Anda nilai tidak benar. Stres yang berlebihan memang memengaruhi mood Anda, khususnya dalam mengendalikan emosi. Tidak jarang, orang yang sedang stres akan menjauhi teman atau keluarga mereka.

 

3 dari 3 halaman

5. Tidak Nafsu Makan

Rasa depresi biasanya akan membuat Anda murung dan malas untuk melakukan apapun, khususnya selera makan. Pikiran negatif, akan membuat Anda lupa dengan waktu makan. Apalagi untuk membuat makanan dan mempersiapkan hidangan, tampaknya dua hal ini akan membuat Anda semakin malas. Adapun rasa malas untuk makan, akan mebawa dampak pada lapar yang berlebihan. Tidak jarang orang yang sedang stres, akan kehilangan berat badan. Namun disatu sisi, terdapat orang yang memiliki kondisi berlawanan, mereka memilih makan sebanyak mungkin untuk mengalihkan pikiran mereka.

 6. Memikirkan Kematian

Bila Anda selalu memikirkan kematian sebagai solusi, sudah saatnya Anda mencari pertolongan. Ceritakan masalah Anda pada teman, keluarga, maupun pacar Anda. Jangan sampai semua hal Anda pendam, dan berujung membahayakan diri Anda sendiri. Kematian bukan menjadi solusi, dari sekian banyak masalah yang sedang Anda alami. Semua masalah memiliki jalan keluar, dan membuat Anda lebih menghargai diri Anda sendiri.

 

Fellisia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.