Sukses

6 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Setelah Olahraga

Hindari melakukan enam hal berikut setelah berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang semakin sehat.

Liputan6.com, Jakarta Waktu senggang memang paling baik bila diisi dengan olahraga. Terdapat banyak manfaat baik bagi tubuh bila Anda sering melakukan olahraga. Namun, banyak hal yang belum Anda ketahui sehabis melakukan olahraga, seperti yang dilansir dari Brit.co, Selasa (15/8/2017) simak enam hal yang sebaiknya dihindari setelah berolahraga berikut ini.

1. Tidak Pemanasan dan Pendinginan
Sebelum berolahraga, Anda harus melakukan pemanasan agar otot tidak tegang. Sama halnya seperti pemanasan, setelah olahraga juga harus melakukan pendinginan. Tubuh yang telah banyak mengeluarkan tenaga dan otot di pompa keras, membutuhkan hal yang dapat menenangkannya. Hal yang dapat dilakukan adalah berjalan santai di treadmill selama lima menit, dengan begitu tubuh memberikan tanda pada jantung untuk melemaskan otot-otot.

2. Tidak Makan
Sehabis mengeluarkan energi yang banyak, tentu tubuh merasa lapar. Namun, kebanyakan para wanita lebih memilih untuk tidak makan sehabis olahraga. Mereka berpikir makan sehabis olahraga, merupakan hal yang sia-sia setelah olahraga. Padahal tubuh membutuhkan karbohidrat untuk mengisi kembali energi dalam tubuh Anda.

3. Membiarkan Tubuh Dehidrasi
Jangan sampai tubuh merasa dehidrasi sehabis olahraga. Biasakan untuk minum air putih yang banyak setelah melakukan gerakan yang mengeluarkan banyak keringat. Tubuh membutuhkan cairan tubuhnya kembali dengan minum air putih yang cukup.

4. Menyentuh Wajah
Bila Anda melakukan olahraga di tempat pusat kebugaran, hindari menyentuh atau menggosok wajah dengan tangan setelah berolahraga. Karena banyak bakteri yang menumpuk pada alat-alat olahraga yang digunakan. Biasakan untuk selalu mencuci tangan setelah berolahraga.

5. Bersantai
Setelah menyelesaikan banyak gerakan, memang paling enak adalah menenangkan diri dengan bersantai. namun, jangan sampai membiarkan badan Anda berlama-lama dengan baju yang basah karena keringat. Hal ini justru akan menyebabkan infeksi jamur penyebab jerawat pada tubuh. Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat terkena masuk angin.

6. Tidak Tidur
Sehabis olahraga, tubuh akan merasa kelelahan. Tidur adalah solusi yang tepat sehabis melakukan olahraga, jangan lupa untuk tetap menjaga tubuh dengan tidur yang teratur. Tidur yang cukup juga akan membantu otot-otot tubuh semakin kuat.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.