Sukses

Dilema Ingin Memiliki Kartu Kredit? Simak Manfaatnya Berikut Ini

Tak selamanya kartu kredit akan membawa Anda ke jurang hutang. Simak manfaat lain dari kartu kredit berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kartu kredit adalah berkah sekaligus kebanggaan. Tapi ada tanggung jawab besar yang harus dipanggul saat memegangnya. Salah satu alasannya adalah karena penggunaan kartu kredit berhubungan dengan uang yang Anda miliki. 

Lalu bagaimana kalau orang yang sudah tidak punya aliran gaji tetap alias pensiun? Apakah bijak memiliki kartu kredit saat masa ini tiba?

Satu hal yang pasti, jika seorang pensiunan apply kartu kredit, hampir 100 persen permohonannya akan ditolak. Sebab, bank mengutamakan nasabah yang relatif lebih terjamin kondisi finansialnya.

Kebutuhan seorang pensiunan pasti berbeda dengan yang masih bekerja. Karena itu, kepemilikan kartu kredit pun harus ditinjau ulang. Apakah kartu kredit yang sebelumnya dimiliki sesuai dengan kebutuhan sekarang?
Misalnya dulu sering traveling, sehingga memegang kartu kredit yang punya banyak program khusus travel. Setelah pensiun, ingin lebih banyak bersantai di rumah saja sambil bermain dengan cucu.

Dalam hal ini, jelas kartu kredit travel sudah tidak relevan dengan kebutuhan. Langkah selanjutnya tak perlu dijelaskan lagi tentunya. Walau begitu, banyak fitur kartu kredit yang sebetulnya masih bisa dinikmati pensiunan. Berikut ini dijelaskan oleh DuitPintar.com berikut ini. 

1. Kartu belanja
Bila punya kartu kredit yang memiliki program kerja sama dengan supermarket tertentu, tidak ada salahnya mempertahankan kartu itu. Kecuali kita sudah tak mau lagi belanja di supermarket tersebut. Dengan belanja menggunakan kartu kredit tersebut, kita bisa menghemat pengeluaran. Sebab, biasanya akan menawarkan diskon dan promo yang bisa didapatkan jika belanja dengan kartu kredit terkait.

2. Banyak rewards
Salah satu fitur kartu kredit yang banyak diburu adalah rewards. Saat kerja, bukan mustahil rewards yang terkumpul sudah banyak dan siap ditukar dengan produk tertentu.
Saat pensiun, jelas rugi kalau kartu kredit rewards itu ditutup. Tinggal lanjutkan saja penggunaannya agar rewards makin banyak dan bisa ditukar dengan hadiah sesuai keinginan.

3. Mau cari KTA
Bank umumnya meminta syarat kepemilikan kartu kredit untuk aplikasi kredit tanpa agunan (KTA). Umpamanya berencana cari KTA untuk tambahan modal usaha setelah pensiun, kartu kredit jangan ditutup.
Walau ada juga KTA yang tidak mensyaratkan kartu kredit, lebih baik berjaga-jaga saja. Siapa tahu KTA yang kita incar karena bunganya kecil meminta data kartu kredit sebagai syarat administrasi.

Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa pensiunan pun boleh saja memiliki kartu kredit. Intinya adalah kartu itu harus sesuai dengan kebutuhan.
Selain itu, mental dan tanggung jawab pengguna harus dijaga. Sehingga pengeluaran yang dilakukan pun berjalan secara bijak. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.