Sukses

Alasan Tak Terduga Anda Selalu Bangun Kesiangan

Telah mencoba berbagai cara untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak belum juga berhasil. Barangkali Anda perlu menghindari hal-hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Bangun tidur yang terlambat merupakan musuh besar dari produktivitas. Namun, tak sedikit orang memiliki permasalahan ini karena kesulitan tidur pada malam harinya.

Telah mencoba berbagai macam cara untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak belum juga berhasil. Barangkali Anda perlu menghindari berbagai kegiatan yang menyebabkan Anda sulit tidur.

Kegiatan ini kadang tidak Anda sadari menyebabkan kesulitan tidur. Melansir dari Brightside, Rabu (9/8/2017), berikut kegiatan yang perlu Anda hindari.

1. Suhu ruangan
Suhu ruangan yang terlalu panas membuat Anda sulit tidur. Maka, pastikan suhu ruangan tidur Anda sejuk maksimal 25 derajat Celsius.

2. Olahraga
Olahraga memang baik untuk kesehatan. Namun, jika dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur, hal ini akan mengganggu kemampuan tubuh untuk relaks.

3. Penerangan kamar
Untuk mampu memproduksi hormon mengantuk, tubuh tidak membutuhkan cahaya yang terang. Maka, pastikan kamar memiliki penerangan yang redup hingga gelap supaya Anda lebih mudah tidur.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari hal ini untuk tidur nyenyak

4. Bising
Suara apa pun, kendaraan di jalan, orang berbicara, hingga suara televisi membuat orang lebih sulit untuk tertidur. Gunakan earplug atau musik yang lembut untuk mengalihkan perhatian.

5. Menggunakan tempat tidur untuk kegiatan lain
Tempat tidur adalah untuk tidur, tidak untuk mengerjakan kegiatan lainnya, apalagi yang berkaitan dengan pekerjaan. Saat bekerja di tempat tidur, tubuh terprogram untuk stres dan sulit untuk relaks.

6. Mandi air panas
Mungkin Anda berpikir mandi air panas akan membuat tubuh lebih relaks. Namun, ternyata kegiatan ini justru meningkatkan metabolisme tubuh yang membuat Anda sulit relaks. Sebaliknya, mandi dengan air hangat sebelum tidur.

7. Posisi tidur
Posisi yang tidak nyaman berpengaruh pada kemampuan Anda untuk tidur. Pastikan tidur dengan posisi yang nyaman, baik sendiri maupun dengan pasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.