Sukses

6 Cara Tepat Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Simak enam cara tepat untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Tanpa Anda sadari di saat kita tidur, tubuh kita masih tetap bekerja. Salah satunya adalah tubuh memperbaiki metabolisme tubuh. Tubuh membutuhkan minimal 6 hingga 8 jam waktu tidur, untuk memperoleh energi yang cukup untuk keesokan harinya. Kurangnya waktu tidur atau kebiasaan begadang, tidak baik bagi tubuh. Simak enam cara untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, seperti yang dilansir dari Bustle.com, Selasa (8/8/2017).

1. Perbaiki Jadwal Tidur
Banyak kebiasaan yang sering kita lakukan, salah satunya kebiasaan begadang. Kebiasaan buruk ini, tentunya tidak menyehatkan tubuh. Sebaiknya ubah jadwal tidur dengan mengatur jam tidur Anda lebih awal. Walaupun akhir pekan, bukan berarti Anda harus menghabiskan waktu semalaman. Dengan mengatur jadwal tidur Anda, tubuh akan membantu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk terlelap.

2. Jauhkan Diri dari Ponsel
Sering kali kita menghabiskan waktu dengan ponsel, untuk sekadar mengecek media sosial ataupun melihat hal apa saja yang disukai di internet. Hal inilah yang kerap menunda waktu tidur Anda, cahaya yang terdapat pada layar membuat tubuh sulit untuk tidur. Cobalah untuk jauhkan ponsel dan mematikan lampu atau menggunakan waktu tidur. Kamar yang gelap akan membantu Anda cepat tertidur.

3. Udara Sejuk
Suhu tubuh anda akan menurun secara alami di saat Anda tertidur, dan akan menghangat kembali saat terbangun. Ruangan dengan udara yang panas bisa mengganggu suhu tubuh yang berdampak kesulitan untuk tertidur. Bila Anda memiliki kesulitan saat tertidur, cobalah turunkan suhu pendingin udara di kamar. Udara yang sejuk, akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

4. Olahraga
Olahraga secara rutin juga dapat membantu Anda, mempercepat waktu tidur. Namun, bukan berarti melakukan olahraga sebelum Anda ingin tidur. Bila Anda mengalami insomnia, cobalah untuk mulai berolahraga. Badan yang letih setelah berolahraga, akan memudahkan Anda untuk tertidur untuk beristirahat.

5. Jauhi Makan Makanan Berat Pada Malam Hari
Mengkonsumsi makanan berat atau makanan pedas pada malam hari, akan mempersulit tubuh untuk mencerna. Bila Anda kelaparan pada malam hari, cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung triptofan asam amino, yang membantu cepat tertidur. Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan, pisang, atau susu.

6. Hindari Kafein
Bila Anda pencinta kopi, bisa jadi Anda sulit mengatur waktu tidur pada malam hari. Sebuah studi membuktikan bahwa mengonsumsi kopi 6 jam sebelum tidur, masih dapat mengganggu waktu tidur Anda. Cobalah ganti kopi dengan teh herbal atau susu.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.