Sukses

5 Negara Adu Lempar Pentaque di Anyer Krakatau Culture Festival

Lima Negara Adu Lempar Pentaque di Anyer Krakatau Culture Festival 2017

Liputan6.com, Anyer Anda suka Anyer? Penasaran dengan Anak Krakatau? Ingin lihat budaya yang oke? Kalau iya, kosongkan jadwal selama 18-20 Agustus 2017. Ada Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) yang siap menyapa di dua lokasi, yaitu di Kecamatan Anyer dan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten.

"Acara digelar untuk menunjukkan bahwa di Kabupaten Serang punya destinasi wisata tingkat nasional. Ini mengingatkan kita akan lagu Antara Anyer dan Jakarta yang booming oleh Sheila Madjid, penyanyi Malaysia. Kita siap membuat jatuh cinta wisatawan kepada wisata Anyer dan sekitarnya," kata Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang, Kamis (3/8/2017).

Tatu menegaskan, AKCF akan jadi sarana pelestarian seni dan budaya khas Kabupaten Serang. Apalagi agendanya mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi Banten, Sales Pesona Banten, ASITA, PHRI, ASIPA Kabupaten Serang, dan pegiat pariwisata dari dalam dan luar Banten.

Sementara itu, Ketua Pelaksana AKCF 2017, Agus Erwana, mengungkapkan ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan kegiatan AKCF yang baru pertama kali digelar itu. Tujuannya adalah mendatangkan wsiatawan mancanegara. Jurus pemikatnya pun sudah disiapkan.

Di AKCF nanti, ada Petanque Competition yang siap digelar. Ini merupakan olahraga lempar bola besi dari Perancis di atas lapangan berdimensi lebar empat meter dan panjang 15 meter.

"Saat ini sudah ada lima negara yang akan berpartisipasi dalam Petanque Competition, yaitu Perancis, Portugal, Thailand, Malaysia, dan tuan rumah Indonesia," ungkap Ketua Pelaksana AKCF 2017, Agus Erwana.

Di Indonesia sendiri, Petanque pertama kali dipertandingkan pada SEA Games 2011 di Palembang. Di SEA Games, Petanque dimasukkan dalam kategori olahraga konsentrasi.

Selain Petangue, AKCF 2017 juga mengadakan pagelaran budaya semacam atraksi debus hingga gerak silat Kaserangan. Pada lomba gerak silat Kaserangan, akan dilibatkan sekitar 1600 pesilat dari Banten dan ditargetkan akan meraih rekor MURI.

Lalu ada Anyer Color Fun Run 8K, Lomba Mancing Selat Sunda, pameran batik Anyer dan Kaserangan, festival kuliner khas Serang, bakar ikan sepanjang pantai, demo masak Chef Juna, water safety competition, lomba foto destinasi pariwisata dan kebudayaan, dan teatrikal perjuangan kemerdekaan.

"Lomba memancing Selat Sunda menyediakan hadiah paling besar dengan total Rp 90 juta. Acara ini digelar di Hotel Marina Anyer, Kecamatan Cinangka, pada Minggu, 20 Agustus 2017 dengan tiga kategori, yaitu perorangan, perahu nelayan, dan perahu katir," ujar Agus.

Kegiatan tersebut juga akan dimeriahkan oleh Armada Band dan artis ibu kota lainnya.

"Ada juga kegiatan kerja bakti berupa beach clean up dan penanaman pohon ke Pantai Anyer, tepatnya di Pantai Florida, Kecamatan Cinangka,” kata Agus.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekda Pemerintah Kabupaten Serang itu menuturkan bahwa AKCF 2017 akan menjadi acara tahunan yang tidak hanya bertujuan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Anyer akan tetapi juga menghadirkan wisata bahari dengan konsep pagelaran seni budaya dalam suasana peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami targetkan delapan ribu wisatawan hadir pada festival tersebut. Semoga AKCF 2017 berkontribusi pada target pemerintah dalam hal kunjungan 20 juta wisatawan luar negeri yang masuk ke Indonesia,” ujar Agus.

Serang merupakan salah satu daerah di provinsi Banten. Lokasinya berada tepat di sebelah barat kabupaten Tangerang. Sejak pertengahan tahun 2007, wilayah Serang dimekarkan menjadi dua daerah administratif, yaitu kabupaten Serang dan kota Serang. Serang memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Selain pantai yang eksotis, Serang juga memiliki bangunan bersejarah serta pulau-pulau kecil yang asyik untuk dijadikan tempat berlibur. Wisatawan tidak perlu bingung dengan pilihan tempat wisata di daerah ini karena pilihannya sangat banyak.

Ada beberapa destinasi wisata Serang yang kerap menjadi tujuan wisatawan, seperti Napak Tilas Kerajaan Islam Banten untuk mempelajari sejarah kerajaan Islam sekaligus berburu foto heritage, ada juga Pulau Lima yang masih relatif sepi jadi nyaman untuk dikunjungi kalau kamu termasuk traveller yang suka dengan suasana sepi dan alami. Selain itu, Rumah Hutan juga layak dikunjungi untuk mendekatkan diri dengan alam.

Lalu, tentu saja Pantai Anyer, pantai berombak landai ini tetap menjadi buruan traveller di sekitar Serang. Mereka yang datang akan disuguhi pemandangan pantai yang keren, sunset yang indah, dan aneka macam kegiatan seru di air. Bagi yang mau menginap, banyak akomodasi yang tersedia, mulai dari kelas backpacker hingga hotel berbintang.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi inisiatif untuk terus membuat events yang menghadirkan banyak wisman. Apalagi jaraknya dekat dengan Jakarta, hanya memerlukan waktu 3 (tiga) jam perjalanan untuk sampai di pantai Anyer.

"Selamat atas event AKCF 2017, sukses selalu," ucap Arief.

Event ini melibatkan ribuan orang sehingga tentunya akan berdampak positif.

"Bayangkan Ada 1.600 pesilat yang upload foto mereka di Facebook, Twitter, dan Instagram. Berapa dampak promosinya? Secara tidak langsung pemerintah juga terbantu promosi. Sehingga publikasi tidak hanya dilakukan pemerintah, tapi juga rakyat," kata Arief.


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini