Sukses

Bukan Mengingat, Ternyata Inilah Fungsi Otak Manusia Sebenarnya

Banyak informasi yang datang sehari-hari, namun otak manusia tidak bisa mengingat semua hal itu. Lalu apa fungsi otak manusia sebenarnya?

Liputan6.com, Jakarta Banyak informasi yang datang sehari-hari di dunia kita, namun otak manusia tidak bisa mengingat semua hal itu. Berbeda dengan komputer yang didesain untuk mengolah informasi, otak manusia ternyata tidak digunakan untuk mengingat. Lalu sebenarnya apa fungsinya?

Dirilis dari lifehack.org, Selasa (25/7/2017), ternyata otak manusia didesain lebih spesifik. Pada zaman sebelum modern, manusia hidup untuk bertahan hidup. Untuk itu, mereka berusaha untuk mencari makanan, tempat berlindung, dan hubungan antar manusia. Sekaligus menghindari hal berbahaya dan mengetahui cuaca yang sedang terjadi. 

Namun saat ini, tidak ada manusia yang mengandalkan sistem memori mereka untuk berkembang. Mereka lebih memprioritaskan untuk mengetahui apa hal yang berbahaya dan aman. Seiring dengan waktu, manusia dituntut untuk mengingat berbagai macam hal melalui media tulisan.

Setelah muncul tulisan, barulah muncul angka-angka yang dikombinasikan sehingga menjadi sebuah data. Namun dengan 34 gigabit informasi yang kita dapatkan setiap hari, tidak ada yang mampu kita ingat secara baik dan benar. Apa sebabnya?

Karena manusia dituntut untuk menelaah informasi dan mengingat. Dua langkah ini ternyata membuat otak tidak mampu bekerja secara maksimal. Karena terlalu banyak informasi yang dicerna, otak tidak akan bekerja dengan efektif bagi manusia.

Lalu apa yang bisa kita lakukan? Berhentilah mengingat dengan cepat, dan mulai mengorganisir informasi lebih handal. Seperti ingatlah hal-hal yang penting, sesuai dengan keahlian Anda. Karena fungsi otak manusia sebenarnya adalah memilah informasi, dan kreatif menggunakannya semudah mungkin untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang ada.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.