Sukses

Trik Cerdas Menabung Jika Tak Punya Penghasilan Tetap

Jika perpikir menabung lebih mudah saat memiliki penghasilan tetap, cobalah metode menabung bagi Anda yang berpenghasilan tidak tetap.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda berpikir menabung lebih mudah jika memiliki penghasilan tetap. Bagaimana tidak, penghasilan bulanan dapat dibagi di awal dan tinggal menjalani hidup sesuai dengan budget. 

Lantas, bagaimana jika Anda tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulannya? Misalnya pekerja freelance yang baru dibayar jika ada proyek atau sesuai dengan apa yang sedang dikerjakan. Bagaimana cara menabungnya?

Metode menabung orang dengan penghasilan tetap dan tidak tentu saja perlu berbeda. Namun, keduanya tetap bisa menabung untuk menunjang masa depan ataupun memenuhi kebutuhan mendadak.

Metode menabung yang dapat Anda pakai adalah dengan menentukan budget dasar dalam sebulan. Hitung berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Kebutuhan dasar meliputi biaya makan, transportasi, pulsa, tagihan listrik, air, hingga internet. Misalnya kebutuhan Anda untuk semua itu adalah Rp 3 juta, maka pastikan Anda memiliki penghasilan minimum sebesar itu.

Sehingga uang lebih yang Anda dapatkan, misalnya menang lomba, mendapat bonus, atau uang dari proyek ekstra bisa digunakan untuk kebutuhan sekunder. Misalnya berbelanja pakaian, makan di restoran, liburan, dan yang paling penting: menabung.

Terdengar mudah tetapi mungkin sulit untuk menjalaninya. Namun, dengan membiasakan diri Anda tentu bisa melakukannya. Selamat menabung!

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.