Sukses

Jangan Sentuh 5 Benda Paling Kotor di Dalam Pesawat Ini

Ternyata, beberapa tempat di dalam pesawat merupakan titik terkotor, setop menyentuhnya.

Liputan6.com, Jakarta Jika sering melakukan traveling ke tempat yang jauh, mungkin pesawat sudah menjadi rumah tersendiri bagi Anda. Namun, tahukah Anda bahwa di dalam pesawat terdapat beberapa benda yang dinilai paling kotor?

Dilansir dari mydomaine.com, Rabu (5/7/2017), tim ahli mikrobiologi pernah memeriksa bandara dan pesawat. Mereka  menemukan bahwa nampan memiliki lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet. Bisa dibilang, tempat Anda makan di pesawat adalah tempat sampah karena banyaknya bakteri di sana.

Berikut adalah beberapa benda yang harus berhenti Anda sentuh di dalam pesawat. Penasaran?

1. Meja baki
Tim peneliti dari University of Arizona pernah menguji meja baki yang biasanya terletak tepat di depan tempat duduk penumpang dan menemukan bahwa 60% meja ini mengandung bakteri jahat, termasuk E. Coli dan MRSA. Dalam perjalanan Anda selanjutnya menggunakan pesawat, pastikan bahwa semua alat makan dan barang-barang yang menyentuh makanan bersifat sanitasi.

2. Majalah
Penelitian lainnya menunjukkan bahwa membolak-balik majalah di dalam pesawat adalah satu cara pasti menangkap bakteri. Pakar dari Drexel Medicine, sistem kesehatan di Philadelphia’s Drexel University College of Medicine menunjukkan bahwa ratusan orang cenderung menyentuh majalah yang jarang diganti.

3. Selimut dan bantal
Seorang petugas penerbangan Southwest Airlines yang tidak ingin disebutkan namanya mengonfirmasi bahwa selimut dan bantal di dalam pesawat tidak selalu dicuci, bahkan ketika Anda menerimanya dalam keadaan terbungkus plastik. Sebuah penyelidikan di Wall Street Journal pada 2007 menemukan bahwa maskapai penerbangan akan membersihkan selimut mereka setiap lima sampai 30 hari, sesuai kebutuhan.

4. Wastafel
Para peneliti menemukan wastafel sama kotornya dengan meja baki di pesawat. Anda disarankan membeli sebotol air segar, agar tidak mengisi botol dengan air dari wastafel.

5. Tombol flush Toilet
Tentu tidak mengherankan jika toilet menjadi sarang bagi kuman dan bakteri, tetapi sadarkah Anda bahwa titik terkotornya adalah tombol flush toilet? Tombol ini biasanya berada tepat di atas jok toilet.

Solusinya sederhana, cuci tangan menggunakan sabun dan banyak air setelah pergi ke toilet. Selain itu, jangan biarkan produk gel alkohol menggantikan kebiasaan cuci tangan Anda, karena tidak akan membersihkan tangan sama halnya dengan sabun dan air saat berada di pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.