Sukses

Kue Lebaran Berbeda dari Tulang Ikan Tongkol dan Biji Mangga

Resep kue Binggalangka merupakan snack istimewa untuk merayakan hari Lebaran dari ikan tongkol dan biji mangga

Liputan6.com, Jakarta Tradisi Lebaran di setiap daerah di Indonesia memang beragam, termasuk berbagai makanan khasnya. Biasanya, pada waktu lebaran yang selalu ada di meja rumah adalah nastar, kastengel, putri salju, kue kacang, dan semprit.

Nah, ada satu jenis kue berbeda yang unik, binggalangka namanya. Makanan sejenis biskuit yang menggunakan tulang ikan tongkol dan biji mangga. Mungkin terdengar aneh di telinga kita, namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba. 

Proses pembuatannya juga tidak sulit, sama seperti biskuit-biskuit lainnya. Hanya bahan tambahannya yang berbeda. Berikut ini adalah cara dan bahan membuat binggalangka untuk sajian kue Lebaran.

Bahan:

- 100 gram tepung terigu
- 2 sendok tepung meizena
- 100 gram gula putih
- 100 gram mentega
- 100 gram margarin
- 2 butir telur
- 30 gram bubuk coklat
- 15 tulang ikan tongkol
- 15 biji mangga muda
- 3 sendok makan susu bubuk putih
- Vanilli secukupnya
- Choco chip secukupnya
- Garam secukupnya

Cara membuatnya:

1. Tulang ikan tongkol dibersihkan, lalu direndam dengan cairan jeruk nipis. Setelah direndam, dijemur di bawah terik matahari hingga kering. Kemudian, tulang ikan yang kering di haluskan.

2. Biji mangga diiris jadi dua bagian dan diambil bagian tengahnya, setelah itu haluskan atau diparut. Kemudian keringkan.

3. Panaskan margarin hingga mencair.

4. Campurkan tepung terigu, tepung meizena, garam secukupnya, vanilli secukupnya, susu bubuk putih, bubuk cokelat, cairan margarin, biji mangga yang telah halus, dan tulang ikan tongkol yang telah kering dan halus ke dalam wadah besar.

5. Campurkan telur dan gula, kocok sampai mengembang.

6. Kemudian, campurkan seluruh bahanke dalam satu wadah dan aduk sampai merata.

7. Setelah itu, bentuk adonan sesuai keinginan. Letakkan di dalam loyang yang sudah diolesi dengan mentega.

8. Terakhir, taburkan choco chip sesuai selera. Panggang dalam oven bersuhu 50 derajat celcius selama 30 menit atau biskuit sampai kering dan berwarna keemasan.

9. Binggalangka siap disajikan sebagai kue Lebaran istimewa. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini