Sukses

Bagelen Bekatul, Oleh-oleh Anti Mainstream dari Jawa Tengah

Kota Semarang menyimpan beberapa kuliner yang kerap dibawa untuk dijadikan buah tangan oleh para pemudik. Salah satunya Bagelen Bekatul.

Liputan6.com, Jakarta Saat mudik atau berkunjung ke Jawa Tengah belum lengkap jika tidak membawa buah tangan khasnya. Provinsi yang terkenal akan batiknya ini menyimpan beberapa kuliner yang kerap dibawa untuk oleh-oleh para pemudik.

Sebut saja lumpia, wingko, carica, dan bandeng yang selalu menjadi buah tangan tahunan para pemudik. Namun, ternyata ada oleh-oleh lain yang tak kalah enak yaitu Bagelen Bekatul.

Buah tangan itu terkenal saat Ismi, pemilik toko roti yang bernama Super Roti mengikuti ajang Blue Band Master Oleh-Oleh 2016 dan menjadi juara pertama. Hal itu membuat nama Bagelen Bekatul semakin dikenal oleh masyarakat.

Kue berbahan dasar roti dan beras merah ini menjadi buah tangan yang sehat dan nikmat. Kenapa? Karena Begelan Bekatul kaya akan serat, vitamin, protein, dan antioksidan.

Uniknya, buah tangan ini tidak pakai gula pasir, tapi menggunakan fructose, gula buah yang cocok bagi penderita diabetes.
Biasanya kandungan yang menyehatkan belum tentu rasanya enak. Namun tidak bagi Bagelen Bekatul. Rasanya yang enak, renyah dan sehat membuat Bagelen Bekatul Ismi banyak diminati orang.

Sebagai varian, Ismi sebagai pemilik toko Super Roti, tak hanya membuat Bagelen Bekatul saja. Untuk menembus pasar anak muda Super Roti memproduksi Lentul—singkatan Bagelen Bekatul— dengan rasa pizza. selain itu ada pula varian rasa lainnya, seperti coklat, keju, dan garlic.

Nah, kini Lentul sudah bisa ditemui diberbagai gerai oleh-oleh dan UMKM yang tersebar di Jawa Tengah. Tak hanya di pulau Jawa, Lentul juga bisa ditemui diberbagai daerah Indonesia, seperti Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, dan Sumatera.

Nah, bagi Anda yang berencana mudik ke daerah Jawa Tengah. Anda bisa membeli Lentul untuk menjadi oleh-oleh pilihan untuk kerabat dan teman.

Jadi, jangan lupa Anda bawa buah tangan yang lezat nan sehat seperti Bagelen Bekatul.

Kalau masih penasaran dengan rasa Bagelen Bekatul Anda bisa mencobanya di Posko Mudik Blue Banda Master Oleh-oleh di jalur mudik berikut ini,

- SPBU di Jl. Raya Semarang - Kendal.
- SPBU di Jl. Raya Solo - Klaten.
- SPBU & Rumah Makan Candi Mas di Jl. Raya Yogyakarta - Purworejo.
- Rest Area 125 (Bandung arah Jakarta) Tol Padaleunyi.




(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.