Sukses

8 Fakta Mengejutkan Taj Mahal yang Belum Banyak Diketahui Orang

Beberapa fakta tentang Taj Mahal ini masih belum banyak diketahui oleh orang-orang.

Liputan6.com, Jakarta Taj Mahal yang masuk dalam salah satu Tujuh Keajaiban Dunia juga dikenal sebagai simbol cinta. Bangunan ini didirikan oleh Kaisar Mughal kelima yang bernama Shah Jahan untuk mengenang istri  tercintanya Mumtaz Mahal yang wafat saat melahirkan putrinya Gauhara Begum di abad ke-17.

Ternyata masih banyak fakta mencengangkan lain yang dimiliki oleh bangunan megah ini. Berikut ini ulasannya seperti yang dirangkum dari punwandi, Jumat (23/06/2017).

1. Kaligrafi

sumber : punwandi.com

Semua orang di dunia yang pernah mengunjungi Taj Mahal mengagumi desain arsitektur dan kaligrafi yang menghiasi bangunan tersebut. Anda pasti tak akan berhenti berdecak kagum saat melihat keindahan tulisan tersebut. Ternyata, kaligrafi yang menghiasi bagian interior dan eksterior di Taj Mahal ini bertuliskan Asmaul Husna atau 99 nama baik Allah.

2. Berubah Warna

sumber : punwandi.com

Hanya beberapa orang yang tahu kalau Taj Mahal dapat berubah warna tergantung kondisi cahaya. Menurut mitos, perubahan warna ini jadi gambaran perubahan mood yang selalu dirasakan oleh perempuan. Pada pagi hari, Taj Mahal akan terlihat sedikit berwarna pink dan siang hari akan berubah menjadi putih susu. Warna-warna tersebut memberikan unsur kecantikan tersendiri untuk monumen ini.

3. Menghabiskan Dana 32 Juta Rupee

sumber : punwandi.com

Anda tentu takjub melihat nominal yang dihabiskan untuk mendirikan monumen bersejarah ini. Sekitar 22ribu pekerja dikerahkan dan uang sejumlah 32 juta rupee dipakai untuk pembangunan Taj Mahal. Kurang lebih ada 1000 gajah digunakan untuk membawa alat-alat berat. Hampir 17 tahun konstruksi bangunan monumen ini diselesaikan. Beberapa permata berharga yang jadi hiasan di sana ternyata diambil dari Inggris saat pemberontakan di tahun 1857. 

4. Empat Menara

sumber : punwandi.com

Taj Mahal memiliki empat menara. Tanpa disadari oleh banyak orang, menara tersebut berdiri miring, lho. Ternyata ada alasan di balik itu semua. Hal ini dilakukan sebagai salah satu pencegahan gempa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Ruangan Rahasia

punwandi.com

Ada ruangan dan lorong-lorong rahasia di dalam bangunan Taj Mahal. Ruangan tersebut sudah disegel sejak masa pemerintahan Shah Jahan hingga sekarang.

6. Aliran Air

sumber : punwandi.com

Ada sumber atau aliran air di dalam monumen. Namun, sumber dari aliran air ini masih belum diketahui dan tetap menjadi misteri hingga saat ini. 

7. Sangat Simetris

sumber : punwandi.com

Desain arsitektur Taj Mahal sangatlah simetris. Mulai dari menara, tembok, ruangan, bahkan tamannya. Hanya makam dari Shah Jahan dan Mumtaz Mahal yang tak simetris. Sebab, makam beliau lebih tinggi dan besar jika dibandingkan dengan istrinya. 

8. Konflik Keagamaan

sumber : punwandi.com

Konflik keagamaan ternyata menyelimuti monumen bersejarah yang terkenal ini. Banyak orang percaya kalau bangunan ini dulunya adalah kuil Dewa Shiwa. Di dalam ruangan rahasia yang telah disegel ini pun kabarnya terdapat patung Dewa Shiwa.

Liburan dan menyaksikan sendiri megahnya Taj Mahal dengan beli tiket pesawat di Reservasi.com. Jaminan harga terbaik ada di sini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini