Sukses

9 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil bersama Keluarga

Agar mudik bersama keluarga dengan mobil makin nyaman dan aman, persiapkan 9 hal ini

Liputan6.com, Jakarta Mudik sudah menjadi tradisi yang sebagian orang Jakarta lakukan saat Lebaran tiba. Mudik juga identik dengan bermacet ria, namun justru itu “seni”nya. Semacet apapun perjalanan, tetap membuat mudik paling dinanti setiap tahun.

Agar pulang kampung terasa lebih nyaman, perhatikan ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Nah, berikut tips mudik dengan mobil yang perlu kamu tahu:

1. Periksa Kondisi Mobil
Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengecek kondisi mobil. Umumnya, seminggu sebelum Lebaran, sudah banyak orang yang mengecek mobilnya ke bengkel. Periksa bagian mobil pada mesin, rem, oli, roda, dan air bag sebelum berangkat.

2. Tidak Melebihi Kapasitas
Agar nyaman dan selamat, hindari mengangkut penumpang dan barang melebih kapasitas kendaraan. Jika kelebihan beban, maka keselamatan penumpang yang menjadi taruhan. Hal ini juga berlaku pada barang bawaan.

3. Bawa Uang Tunai yang Cukup
Selama perjalanan mudik, kita tidak akan tahu apakah akan bertemu ATM atau tidak di sepanjang jalan. Sebab itu, siapakan uang tunai, karena tidak semua toko menyediakan mesin debit dan kartu kredit. Sebelum jalan, lakukan perhitungan kasar pengeluaran yang akan kita habiskan selama di perjalanan. Hitung dari pengeluaran besar hingga kecil termasuk biaya makan, parkir, tol, tolet, dan lain sebagainya.

4. Bawa Makanan & Minuman Cukup
Membawa makanan dan minuman cukup selama perjalanan juga penting. Sebab, kita belum tentu menemukan minimart, sehingga disarankan untuk menyiapkan makanan ringan hingga makanan agak berat seperti roti.

5. Aplikasi GPS/Peta Mudik
GPS di smartphone kita juga penting untuk mengecek kemacetan hingga jalan alternatif lainnya. Namun, GPS menyedot baterai lebih cepat, sebaiknya sediakan juga powerbank agar handphone kita tetap menyala. Bawa juga peta jalur mudik yang banyak disediakan untuk mengecek info jalur mudik hingga rest area.

6. Istirahat Sebentar Jika Lelah
Perjalanan yang jauh dan macet sudah pasti akan membuat kita kelelahan menyetir, maka jangan memaksakan. Istirahat sejenak di rest area atau pom bensin terdekat. Kita bisa kembali menyetir jika tubuh sudah lebih segar. Mengantuk dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain juga.

7. Menyiapkan Perkakas & P3K
Pastikan juga tidak ketinggalan membawa perkakas & kotak P3k. Barang ini cukup penting untuk keselamatan perjalanan mobil dan juga kesehatan seluruh diri sendiri dan seluruh penumpang.

8. Jika Membawa Balita
Agar si kecil nyaman selama di perjalanan, maka bawalah perlengkapan seperti bantal dan selimut. Malam hari biasanya akan cukup dingin, jadi hangatkan tubuhnya dengan selimut.

Nah, jika ingin membeli perlengkapan atau oleh-oleh untuk mudik namun tidak punya waktu banyak, kita bisa mencoba menjelajahi berbagai promo toko online menarik di Jakarta. Ada sale besar-besaran dalam rangka ulang tahun Jakarta yaitu Jakarta Great Online Sale (JGOS) yang ke-4.

JGOS diikuti oleh lebih dari 150 e-commerce dan market place termasuk Lakupon.com. Kita bisa menemui berbagai promo spesial untuk kuliner hingga liburan bersama keluarga.

Jakarta Great Online Sale akan memanjakan pecinta promo dari tanggal 15-22 Juni 2017. Jadi, jangan lupa untuk menikmati promo diskon terbesar hingga 86% JGOS di sini sekarang!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.