Sukses

Menginap di Hotel Selama Mudik, Pilih Hotel Budget atau Butik?

Saat menginap di hotel selama mudik Lebaran bersama keluarga, hotel jenis apa yang sebaiknya dipilih?

Liputan6.com, Jakarta Menginap di hotel saat mudik menjadi tren sejak beberapa tahun belakangan. Tak heran, lonjakan permintaan hotel terjadi menjelang Lebaran terutama di kota-kota favorit, seperti Yogyakarta, Bali, Bandung, dan Jakarta.

Hotel memang menjadi tempat yang relatif nyaman untuk menghabiskan waktu dengan keluarga selama mudik Lebaran. Apalagi jika kapasitas rumah di kota tujuan tidak cukup untuk menampung semua anggota keluarga. Namun, dengan keterbatasan budget selama mudik, rate hotel terlaris biasanya yang tidak terlalu mahal.

Hotel budget pun umum jadi pilihan karena biayanya yang relatif cukup terjangkau. Namun, ada pula pilihan hotel butik yang menawarkan harga yang tak jauh berbeda dengan hotel budget. Lantas, apa perbedaan keduanya dan apa yang sebaiknya dipilih? 

Senior Sales Manager Pegipegi Humutur Hutapea mengatakan, hotel butik biasanya menambahkan sejumlah fasilitas daripada hotel budget dengan tambahan biaya yang tidak terlalu banyak. Penambahan fasilitas ini tergantung dari kebijakan hotel.

"Misalnya ada hotel butik yang menambahkan kolam renang. Fasilitas ini tentu menguntungkan bagi keluarga dengan anak-anak. Karena anak-anak umumnya kan senang bermain di kolam renang," kata Utur, sapaan akrabnya, saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun selisih yang diberlakukan hotel butik dengan budget juga dapat jadi perhatian sendiri. Jika memang budget mudik sangat terbatas, pilihan hotel budget cenderung bijak.

"Kalau mau hotel dengan fasilitas lebih lengkap, hotel butik menjadi pilihan yang baik, daripada membayar lebih untuk hotel bintang 5, misalnya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.