Sukses

Intip 11 Kebiasaan Keramas yang Dapat Merusak Rambut Anda

Ternyata, rutinitas mandi juga dapat merusak kondisi rambut Anda, penasaran seperti apa? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Faktanya, rutinitas mandi dan keramas yang salah dapat merusak rambut Anda, entah karena air yang terlalu panas, air dengan kandungan besi yang tinggi, atau bahkan air kotor. Ada banyak rahasia mandi yang dapat mempengaruhi kondisi rambut.

Dilansir dari bustle.com, Kamis (8/6/2017), berikut ini adalah beberapa kebiasaan saat keramas yang dapat merusak kondisi rambut Anda. Penasaran?

1. Jatuhnya air terlalu deras atau keras
Kualitas air dapat menyebabkan kekeringan dan kerusakan rambut yang ekstrim, salah satunya adalah jatuhnya air, jika Anda menggunakan shower. Anda bisa menggunakan saringan air untuk menghilangkan endapan mineral.

2. Air terlalu panas
Air panas dapat mengeringkan kulit kepala serta meningkatkan kondisi terkelupas seperti ketombe. Untuk mengatasi hal ini, gunakan topi mandi, agar uap yang dihasilkan dari air panas tidak merusak rambut.

3. Terlalu lama di bawah shower
Jika rambut mengalami kerusakan, mungkin Anda terbiasa berada di bawah shower terlalu lama. Terlalu banyak air dapat menyebabkan rambut 'membengkak', sesuatu yang buruk bagi kutikula dan membuat ujung rambut bercabang.

4. Jarang membilas rambut
Bisa jadi kebiasaan yang Anda lakukan saat mandi hanya membasahi rambut dan tidak menggunakan produk pembersih, seperti sampo? Hal ini akan membuat penumpukan kotoran dan minyak pada rambut.

5. Terlalu sering mencuci rambut
Cobalah untuk tidak mencuci rambut setiap hari, bahkan jika Anda berkeringat. Bilas dengan air dingin, kemudian semprotkan cuka di akar rambut sebelum mencuci rambut, jika memang harus dilakukan.

6. Air shower kotor
Tidak hanya air dari shower, kotoran di kamar mandi juga bisa membuat bakteri pindah ke rambut Anda.

7. Membilas rambut dengan air panas
Seperti yang Anda ketahui, air panas tidak baik untuk kulit dan rambut, terutama jika Anda menggunakannya untuk membilas. Jika harus melakukan pembilasan setelah menggunakan kondisioner, gunakan air dingin. Air dingin memungkinkan rambut lebih lembap dan membuat rambut mudah diatur setelah kering.

8. Tidak menggunakan produk yang tepat
Untuk menggunakan produk yang tepat, Anda harus mengetahui jenis rambut terlebih dahulu.

9. Menggunakan terlalu banyak sampo
Tergantung pada tekstur rambut, Anda harus menyesuaikan penggunaan sampo saat mencuci rambut. Jika tekstur rambut terlalu kasar, jangan gunakan sampo, cuci rambut dengan kondisioner saja. Kondisioner dapat membuat rambut ikal lebih sehat dan mudah dirawat.

10. Memijat kepala terlalu keras
Ketika keramas, usahakan menyentuh rambut dengan lembut. Tidak perlu menggosok kulit kepala, karena itu merupakan pekerjaan dari produk yang Anda gunakan. Selain itu, hindari menyisir rambut terlalu keras, karena hanya akan menyebabkan kerusakan.

11. Mengeringkan rambut terlalu dramatis
Setelah keramas, pastikan tidak mengeringkan rambut dengan hair dryer, karena hanya akan membuat kerusakan rambut semakin parah. Saat mengeringkan rambut dengan handuk, jangan menimbulkan terlalu banyak gesekan. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.