Sukses

Puasa Bukan Halangan untuk Tetap Berolahraga

Ketahui beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa, agar tubuh tetap bugar namun energi tidak habis.

Liputan6.com, Jakarta Ramadan sebentar lagi tiba. Meskipun berpuasa, olahraga tetap perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berpuasa bukan halangan untuk menjalankan rutinitas berolahraga yang biasa dilakukan saat tidak berpuasa. Beraktivitas fisik saat puasa juga membantu Anda mengusir kantuk yang kerap datang, juga membuat Anda lebih fit. Meskipun begitu, Anda juga harus tetap diperhatikan jenis olahraga yang sesuai agar energi tidak habis.

Seperti yang disusun tim Liputan6.com, Jumat (26/5/2017), berikut beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan selama berpuasa.

Jogging/treadmill ringan

Jogging atau treadmill ringan sangat dianjurkan untuk dilakukan selama berpuasa. Lakukan jogging beberapa jam setelah menjalankan sahur, waktu yang tepat adalah di pagi hari karena tubuh masih menyimpan energi yang banyak setelah tubuh terasupi makanan saat sahur. Anda juga bisa melakukan jogging menjelang berbuka puasa, dengan catatan Anda tidak merasa lelah dan lemas. Lakukan jogging ringan selama 20 sampai 30 menit. Ingat untuk tidak berlebihan agar mencegah Anda dehidrasi selama berpuasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jalan cepat

Alternatif olahraga ringan lainnya yaitu jalan cepat. Lakukan jalan cepat selama kurang lebih 30 menit. Hal tersebut membantu tubuh Anda tetap fit dan bugar. Anda juga bisa melakukan jalan cepat bersama teman-teman saat menjelang berbuka. Sehat didapat, hati pun gembira.

3 dari 5 halaman

Bersepeda

Jenis olahraga ringan lain yang bisa menjadi alternatif saat berpuasa adalah bersepeda karena bersepeda mampu menjaga kebugaran tubuh Anda tanpa membuat Anda terlalu lelah. Bersepeda juga mampu membakar kalori. Lakukan aktivitas bersepeda sekitar 30 sampai 45 menit di pagi hari atau sore hari menjelang berbuka.

 

4 dari 5 halaman

Bowling

Jenis olahraga permainanan ini sangat tepat dilakukan saat berpuasa. Karena sifatnya bermain dan bersenang-senang, bowling dapat membantu Anda lebih rileks dan bersemangat menjalankan ibadah puasa. Anda dapat memainkan bowling dengan teman-teman Anda sambil menunggu waktu berbuka puasa. Selain menyehatkan, bowling membantu Anda bergembira.

5 dari 5 halaman

Yoga

Yoga merupakan olahraga yang sangat tepat dilakukan saat berpuasa. Selain mampu menjaga pikiran tetap rileks dan tenang, yoga terbukti mampu membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Latihan yoga berfokus pada pelatihan teknik pernapasan sehingga membantu penyuplaian oksigen ke dalam otak. Dengan begitu pikiran akan tetap jernih dan hati merasa tenang. Anda bisa melakukan yoga kapanpun selama berpuasa.

Selamat berpuasa, selamat berolahraga!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini