Sukses

Wujudkan Riasan Lipstik Prima dengan 10 Trik Berikut Ini

Intip 10 trik jitu seputar pengaplikasian lipstik, agar penampilan wajah kian prima.

Liputan6.com, Jakarta Ingin tahu agar riasan lipstik tak cepat luntur? atau penasaran apa saja kegunaan lipstik selain untuk merias bibir? Simak beberapa trik dan tips jitu dari para makeup artis profesional yang dilansir dari allure.com berikut ini.

Menghindari noda lipstik di bibir
Lipstik warna merah gelap dengan kandungan pigmen warna yang pekat berisiko meninggalkan noda lipstik saat riasan mulai pudar. Untuk menghindari hal ini, Luis Casco, makeup artis acara TV Project Runway menyarankan untuk Anda menggunakan dulu sedikit foundation cair di bibir sebagai pelapis agar warna lipstik tak meninggalkan bekas di bibir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat lain lipstik warna cokelat

Jika Anda suka dengan lipstik warna kecokelatan atau warna merah perunggu gelap, menurut BJ Gillian, makeup artis dan creative director Ready To Wear, lipstik warna ini juga bisa dipakai sebagai produk makeup  darurat yang dapat diaplikasikan sebagai eyeshadow, atau sebagai shading di pipi. 

Jangan lupa eksfoliasi
Agar lipstik terlihat sempurna di bibir jangan lupa untuk membersihkan sisa kulit kering pada permukaan lipstik. Silver Bramham, seorang makeup artis memiliki tips jitu yang bisa Anda coba. Oleskan kapas tangkai yang sudah diberi makeup remover mata lalu gosokkan di atas permukaan bibir. Kulit kering di bibir akan mengelupas dan bersih tampak bersih.

Lipstik sebagai perona pipi
Lipstik juga bisa dipakai sebagai blush on di pipi. Tonya Crooks, makeup artis para selebritas ternama seperti Megan Fox dan Fergie sering mencampur lipstik matte dengan tabir surya sehingga menjadi cream blush.

3 dari 3 halaman

Tambahkan kesan kilau tanpa membuat lipstik terlihat terlalu kilap

Lip gloss dengan efek kilap dapat membuat bibir terlihat seksi dan wajah lebih segar, tapi sayangnya cepat luntur. Jay Manuel, makeup artis dan pemilik Jay Manuel Beauty menyarankan Anda untuk mengganti shimmer lip gloss dengan lipstik biasa yang dicampur dengan sedikit eyeshadow shimmer di bagian tengah bibir atas dan bawah. Selain membuat wajah tampak lebih segar, hal ini juga membuat bibir tampak lebih bervolume, dan tak lekas luntur.

Lipstik tahan lama
Bubuhkan sedikit bedak tabur warna transparan pada bibir sambil sedikit ditekan-tekan. Lalu oleskan lipstik seperti biasa, kemudian katupkan bibir pada tisu lalu oleskan lipstik kembali. Rebecca Perkins, pendiri Rouge New York telah mengaplikasikan trik ini agar riasan lipstik tak cepat luntur walau Anda makan dan minum.

Buat lipstik Anda sendiri
Kalau ada eyeshadow yang retak atau pecah, jangan langsung dibuang. Benjamin Ruiz, director of global artistry dari Laura Mercier selalu mencampurkannya dengan lip gloss, atau vaseline petroleum Jelly, dan dapat diaplikasikan sebagai riasan bibir.

Campur lipstik dengan makeup primer khusus mata
Untuk mencegah warna lipstik memudar, Daniel Chinchilla, makeup artis Ariana Grande menggunakan primer mata di bibir. Primer mata dapat membuat pigmen warna bertahan lebih lama dibanding primer bibir.

Pengganti concealer
Coba tutupi lingkaran gelap bawah mata dengan lipstik. Brandie Hopstein, makeup artis Anna Kendrick kerap menggunakan lipstik warna merah dan untuk menyamarkan lingkaran gelap bawah mata yang dibarukan bersama dengan sedikit foundation. Jangan lupa akhiri dengan sentuhan sedikit bedak.

Cegah lipstik keluar dari garis bibir
Jangan gunakan lip liner. Gunakan concealer di sekeliling garis bibir Anda yang berfungsi sebagai pagar agar warna lipstik tak keluar dari garis bibir.

Meredith Baraf, makeup artis model papan atas dunia Adriana Lima selalu memilih cocealer yang warnanya mendekati warna dengan kulit wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.