Sukses

Benarkah Diet Membuat Helaian Rambut Kekurangan Gizi?

Kondisi rambut kian mengkhawatirkan sejak Anda melakukan diet? Simak ulasan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini banyak orang yang beranggapan karena rambut terdiri dari protein, maka diet yang meniadakan protein daging hewan akan membuat rambut jadi rusak dan berkurang kesuburannya. Tapi, apakah ini benar?

Menurut sebuah percobaan kecil yang dimuat dalam International Journal of Trichology, para vegetarian atau mereka yang sedang diet berisiko memiliki helaian rambut yang lebih mudah rapuh.

Atasi masalah rambut kering dan berminyak di saat bersamaan dengan beberapa langkah di bawah ini. Penasaran? (iStockphoto)

Namun, menurut Joshua Zeichner, seorang dermatologis dari New York penelitian tersebut hanya melibatkan 120 orang partisipan dan tidak melibatkan faktor yang terpenting dalam kerontokan rambut. Seperti proses kimia dalam pelurusan rambut (smoothing atau rebonding), pewarnaan dan juga sama sekali tidak menyebutkan tentang paparan panas matahari atau paparan suhu panas hairdryer.

Ilustrasi Sayur Mayur (iStockphoto)

Padahal faktor kimia dan paparan panas adalah dua faktor terbesar penyebab patahnya helaian rambut. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kekuatan dari rambut orang-orang yang melakukan diet lebih rendah dibanding mereka yang tidak diet namun elastisitasnya tetap sama.

Dokter Joshua Zeichner juga menambahkan bahwa jika para vegetarian atau mereka yang melakukan diet memilih menu dengan asupan gizi cukup untuk kebutuhan tubuh mereka maka mereka tak perlu terlalu khawatir.

Ilustrasi Foto Daging Sapi (iStockphoto)

Protein memang berfungsi sebagai bahan utama yang menjaga kondisi rambut, sedangkan zat besi berperanan penting dalam siklus pertumbuhan rambut. Daging hewani mengandung protein dan zat besi dalam jumlah besar. Jika seseorang tidak mengkonsumsi daging apakah berarti akan mempengaruhi struktur dan siklus pertumbuhan rambut?

Menurut Dr Joshua Zeichner, kandungan gizi yang perlu diperhatikan oleh vegetarian untuk menjaga kesehatan rambutnya adalah protein. Anda bisa mendapatkan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, serta sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam dan kale. Tak lupa, tambahkan juga asupan tambahan seperti Vitamin B12, lemak omega-3, kalsium, Vitamin D, zat besi, zinc serta yodium. Menurutnya, jika menu makanan vegetarian atau diet sehari-harinya sudah mengandung zat-zat tersebut dan diiringi dengan perawatan rambut yang tepat makan Anda tak perlu cemas.

Jadi, apakah diet akan membuat rambut jadi kurang subur? Jawabnya adalah belum tentu, selama asupan gizi sehari-hari terpenuhi dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.