Sukses

Tanyakan 8 Hal Ini Sebelum Memilih Putus Cinta dengan Pasangan

Ingin putus cinta dengan pasangan? Jawab terlebih dahulu beberapa pertanyaan di bawah ini dengan jujur.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada pasangan yang sedang menjalin hubungan asmara dan berharap suatu saat mereka akan mengalami putus cinta. Namun, jika Anda harus mengalaminya, akan ada situasi yang tidak mengenakkan antara kedua belah pihak.

Maka dari itu, tidak ada salahnya memikirkan beberapa hal sebelum Anda memilih putus cinta dengan pasangan. Dilansir dari popsugar.com, Senin (22/5/2017), berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab jujur sebelum putus cinta.

1. Mengapa saya ingin putus cinta dengan orang ini?
Hal ini sesederhana Anda menuliskan dalam selembar kertas pro dan kontra dari hubungan asmara yang selama ini dijalani. Kebingungan Anda harus diperjelas dengan rincian.

Atau Anda juga bisa bertanya kepada orang-orang terdekat. Mereka bisa memberikan Anda kepercayaan diri untuk menentukan apa yang harus dilakukan.

2. Apa ada cara untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi?
Tidak ada hubungan yang berjalan benar-benar sempurna. Cobalah melihat kembali hubungan Anda, hal ini akan membantu untuk melihat masalah yang sebenarnya terjadi dan cara mengatasinya.

Intinya, komunikasi yang jelas dari kedua belah pihak adalah hal terpenting. Selain pertengkaran, kompromi mungkin bisa menjadi akhir yang baik sebelum Anda memilih putus cinta.

3. Apa saya akan menyesali keputusan ini?
Sebelum Anda memilih putus cinta, cobalah pikirkan keputusan tersebut baik-baik. Jika hanya karena masalah sepele, mungkin di kemudian hari Anda juga yang akan menyesalinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanyakan 8 Hal Ini Sebelum Memilih Putus Cinta dengan Pasangan

4. Akan seperti apa hidup saya setelah putus cinta?
Hal ini juga harus Anda pikirkan baik-baik sebelum memilih putus cinta. Tidak ada yang tidak mungkin, Anda masih bisa melanjutkan hidup setelah putus cinta.

Namun, jika pasangan adalah orang yang baik, lantas pantaskah Anda memilih putus cinta untuk hal yang sepele? Pikirkan lagi.

5. Bagaimana saya harus melakukannya?
Jika Anda telah yakin untuk putus cinta, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara melakukannya. Cara terbaik untuk mengakhiri sebuah hubungan adalah dengan mengatakannya langsung, agar pasangan tahu emosi dan kebutuhan Anda yang sesungguhnya.

6. Apa yang harus saya katakan?
Terlebih dahulu, tanyakan kepada pasangan apa yang dirasakannya dalam hubungan tersebut, baru nyatakan dengan jujur perasaan Anda. Anda harus mengungkapkan apa yang diinginkan dan harapan di masa depan.

Biarkan pasangan memikirkan apa yang akan dilakukannya. Setidaknya ia tahu mengapa Anda ingin putus cinta dan apa yang diinginkan.

7. Haruskah saya memberikan kesempatan padanya di masa depan?
Kuncinya adalah mengetahui kapan dan bagaimana agar tetap berhubungan dengan mantan kekasih setelah putus cinta. Butuh kondisi yang lebih baik untuk membina hubungan kembali dengan mantan kekasih, namun jika Anda yakin ingin melakukannya, lakukanlah.

8. Apa yang saya pelajari dari hubungan ini?
Putus cinta bukan berarti hubungan yang Anda bina gagal. Setiap orang mendapatkan kesempatan belajar dalam sebuah hubungan.

Cobalah mencari hal-hal positif dari hubungan tersebut. Putus cinta dan sakit hati bukan berarti Anda sendirian, semua orang pernah mengalaminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.