Sukses

Unik, Ini Beda Cara Mengolah dan Menikmati Telur di 15 Negara

Selain dibuat jadi telur mata sapi atau dadar, ternyata sumber protein ini bisa diolah jadi beragam jenis makanan.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang meragukan telur sebagai kuliner paling praktis dan serbaguna. Sebab, sangat mudah mengolah bahan makanan satu ini.

Setiap menu yang diberi tambahan telur pun akan punya cita rasa yang lebih spesial daripada biasanya. Jadi, tak mengherankan kalau negara-negara di seluruh dunia memasukkan sumber protein ini sebagai salah satu makanan khas mereka.

Anda mungkin sudah mengenal dengan olahan telur yang dibuat jadi omelet. Tapi ternyata orang-orang di dunia punya cara yang unik saat mengolah dan menikmatinya. Dilansir dari thisisinsider.com, Rabu (10/5/2017), berikut ulasannya.


Egg Hopper, Srilangka

sumber : thisisinsider.com

Kalau dilihat-lihat, kuliner satu ini mirip sekali dengan serabi dari Indonesia. Bahannya pun persis seperti makanan yang biasa Anda temukan di daerah Bandung. Terbuat dari tepung beras dan santan, egg hoppers adalah jajanan kaki lima yang terkenal di Srilangka. Telur disajikan di atas adonan tepung yang dimasak.

Scotch Egg, Inggris

sumber : thisisinsider.com

Makanan satu ini sangat terkenal di Inggris. Scotch egg adalah telur rebus yang dibalut dengan daging cincang dan tepung roti.
Disajikan dengan dua cara yaitu digoreng atau dipanggang.

Sup Avgolemono, Yunani

sumber : thisisinsider.com

Sup avgolemono terbuat dari kaldu ayam yang dicampur dengan telur, nasi, dan ekstrak lemon. Saat disajikan biasanya diberi tambahan potongan ayam.

Telur Pitan, Tiongkok

sumber : thisisinsider.com

Telur pitan yang punya warna hitam pekat ini dikenal juga dengan nama thousand-year egg. Telur yang dibuat dengan cara difermentasikan bersama campuran tanah liat, abu, garam calcium oxide, dan sekam ini dipercaya bisa membuat orang yang mengonsumsinya berumur panjang.

Tamagoyaki, Jepang

thisisinsider.com

Tamagoyaki adalah omelet versi Jepang. Anda akan mudah temukan makanan satu ini saat berada di kawasan street
food Negeri Sakura. Tamagoyaki punya cita rasa sedikit manis. Bedanya kuliner ini dengan omelet biasa adalah lapisannya yang dibuat lebih tebal serta proses pembuatannya yang menggunakan panci berbentuk persegi. 

Shakshuka, Israel

sumber : thisisinsider.com

Telur rebus yang disajikan dengan saus merah yang terbuat dari tomat, bawang, bubuk cabai, dan rempah-rempah ini biasa disajikan saat sarapan. Cita rasanya yang gurih membuat siapa saja yang mencicipinya akan langsung ketagihan.

Eggs en Cocotte, Prancis

thisisinsider.com

Jika biasanya telur diolah dengan cara digoreng atau direbus, sajian asal Prancis ini dimasak dengan cara dikukus. Cara memasaknya cukup mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan telur, air, dan mangkuk kecil kemudian mengukusnya. Saat sudah matang, paling nikmat menikmatinya dengan satu lembar roti panggang.


Brik, Tunisia

sumber : thisisinsider.com

Brik adalah camilan asal Tunisia yang terkenal. Hampir mirip dengan pangsit ya. Isi dari makanan ini terbuat dari telur yang dicampur dengan tuna, parsley, harissa, dan bawang.

Huevos Rancheros, Meksiko

thisisinsider.com

Huevos Rancheros punya arti peternakan telur. Alasan kenapa disebut demikian sebab hidangan satu ini memang berasal dari
kawasan peternakan di Meksiko. Telur disajikan di atas tortilla jagung bersama salsa, kacang, dan alpukat.

Kwek-kwek, Filipina

sumber : thisisinsider.com

Kwek-kwek atau yang lebih dikenal dengan nama tokneneng adalah jajanan kaki lima khas Filipina yang terbuat dari telur puyuh dan adonan tepung, dan disajikan dengan cara ditusuk seperti sate.

Menemen, Turki

sumber : thisisinsider.com

Menemen adalah telur orak-arik yang dimasak dengan paprika hijau, tomat, thyme, dan sedikit bubuk cabai. Makanan ini bisa dikonsumsi kapan saja.

Dorowat, Ethiopia

sumber : thisisinsider.com

Dorowat merupakan  hidangan bercita rasa pedas yang terbuat dari telur rebus yang disajikan dengan sayuran dan daging (sapi, ayam, atau kambing).

Salad Telur, Amerika

sumber : thisisinsider.com

Salad telur ini biasa dijadikan sebagai isian sandwich. Makanan satu ini terbuat dari cincangan kasar rebusan telur yang dicampur dengan mayonnaise, mustard, daun bawang, bawang, dan seledri.

Kari Telur, India

sumber : thisisinsider.com

Kalau yang satu ini mungkin sudah familiar untuk Anda. Kari telur adalah hidangan telur rebus yang disajikan dengan kuah kari kaya rasa. Kuah kari ini terbuat dari berbagai jenis rempah, sayuran, bawang, dan tomat.

Devilled Egg, Italia

sumber : thisisinsider.com

Kalau dilihat dari bentuknya, Anda pasti mengira kalau devilled eggs ini adalah telur rebus biasa. Tapi, Anda baru bisa mengetahui letak keistimewaannya saat mencicipi hidangan tersebut. Sebab, bagian dalam telur ini terbuat dari pasta kuning telur, mustard, dan mayonnaise.

Rencanakan perjalanan Anda untuk jelajahi nikmatnya kuliner dari berbagai belahan dunia sekarang juga. Pesan tiket pesawat dan booking hotel di Reservasi.com. Dapatkan diskon hingga Rp 1juta setiap harinya di sini!

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.