Sukses

Keindahan Bali Memesona Pimpinan Pramuka se-Asia Pasifik

Sekitar 150 peserta dari 30 delegasi Pertemuan Pimpinan Pramuka se-Asia Pasifik ke-9 mengaku terpesona dengan keindahan alam Pulau Dewata.

Liputan6.com, Bali Tak salah jika Bali disebut sebagai destinasi nomor 1 dunia pilihan travellers di laman TripAdvisor. Bali pantas menjadi ikon pariwisata Indonesia. Sekitar 150 peserta dari 30 delegasi Pertemuan Pimpinan Pramuka se-Asia Pasifik ke-9 (the 9th Asia-Pacific Regional Scout Leaders Summit) 2017 mengaku terpesona dengan keindahan alam Pulau Dewata ini.

Elena Cabezas Alcala, delegasi tamu dari Spanyol, adalah salah satunya. Ia mengaku senang bisa ikut kegiatan ini sekaligus menikmati panorama alam Bali yang mendunia itu. “Ini moment yang sangat langka,” katanya (23/4).

Sejak kecil Elena mengaku hidup di kota. Jadi terbiasa dengan kebisingan dan gedung-gedung yang tinggi. Makanya ketika educational tour dan diajak ke Jatiluwih dan Tanah Lot, matanya pun berbinar penuh antusiasme.

Jatiluwih adalah desa wisata yang terkenal dengan sawah berundak dan tarian okokannya yang sangat sacral. Berjarak 54 km dari Denpasar, pemandangan indah sawah terasering ini bahkan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Sedangkan Tanah Lot adalah dua pura di atas batu besar di pinggir pantai yang paling banyak dijadikan ikon di Bali. Tanpa datang ke Tanah Lot yang indah ini kita bisa dianggap belum datang ke Bali

Diiringi dengan makan siang dan foto bersama, educational tour diakhiri dengan menikmati penampilan Tari Kecak Bali di sebuah restoran. “Fantastis, lucu dan berkesan. Tempatnya juga indah,” ujar Gholin Tshering, Pimpinan Pramuka asal Bhutan. Narator tari kecak memang kocak dengan bahasa Inggris dan Jepangnya.

Selain pergi ke tempat wisata, peserta juga diajak untuk mengunjungi Bumi Perkemahan Margarana, Tabanan, Bali. Rombongan diantar langsung oleh Ketua Kwarda Bali, Ketut Wija, dan disambut ratusan anggota Pramuka.

Seluruh rombongan, termasuk beberapa petinggi APR Scout Leader Summit, seperti Paul Parkinson, JR Panggilinan, dan Ketua Komite Kepramukaan Dunia, Joao Armando, tampak antusias bertemu dengan anak-anak pramuka Bali yang aktif menampilkan kebolehan keterampilan kepramukaannya.

"Kita juga meminta kepada setiap delegasi untuk menanam pohon Bumi Perkemahan Margarana. Ini untuk menjaga keseimbangan alam Bali, karena pohon adalah bagian dari mahkluk Tuhan perlu dijaga dan dirawat," ujar Ketua Kwarda Bali, Kak Ketut Wija.

Menpar Arief Yahya menyebut, Bali adalah ikon pariwisata Indonesia. Kalau ASEAN punya Thailand, maka Indonesia punya Bali. Ketika TripAdvisor menempatkan Bali sebagai destinasi nokor satu pilihan travellers, lengkap sudah julukan Bali sebagai destinasi yang tidak tertandingi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini