Sukses

Sering Stres Sebelum Traveling? Ini Tips untuk Mengatasinya

Sering mengalami stres sebelum berangkat liburan? Ini dia cara mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Walau sudah sering jalan-jalan atau liburan ke suatu tempat, Anda mungkin sering mengalami kecemasan berlebih sebelum berangkat traveling.

Perasaan stres ini dipicu oleh banyak hal. Mulai dari pekerjaan yang masih harus dikerjakan padahal waktu keberangkatan akan tiba, mengingat barang yang harus dibawa, mengurus visa, menentukan tempat yang akan dituju, membuat jadwal kegiatan, bujet liburan, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya kecemasan ini bisa Anda atasi kok. Berikut ini tips mengatasi stres sebelum traveling yang berhasil dirangkum dari stuff.co, Senin (24/04/2017).

Pikirkan Jadwal Liburan

Saat melihat penawaran promo tiket pesawat, setiap orang pasti akan langsung tergiur untuk membelinya. Untuk menghindari stres saat akan berangkat traveling, sebaiknya pertimbangkan waktu keberangkatan Anda. Jika tawaran promo tiket hanya berlaku di saat pekerjaan biasanya menumpuk, sebaiknya Anda abaikan saja.

Kalau ternyata waktunya tepat dan pekerjaan tak terlalu banyak, jangan lupa pikirkan berapa hari Anda akan mengambil cuti. Sisakan satu hari ekstra untuk Anda beristirahat setelah berlibur agar tak merasa uring-uringan karena harus kembali ke "kenyataan".

Buat Daftar

Catat apa saja penyebab stres Anda saat akan berlibur. Mulai dari daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, rencana perjalanan, barang bawaan, dan masih banyak lagi.

Simpan Barang yang Biasa Dibawa di Koper

Kalau Anda sudah sering melakukan perjalanan, Anda harus menggandakan barang-barang yang sering dipakai seperti toiletries. Tujuannya adalah agar tak perlu mengemas ulang bawaan Anda. Jadi, ada satu yang disimpan di koper dan yang lain di rumah. Anda pun bisa melipat baju yang biasa dipakai di tempat wisata ke koper. Sehingga Anda tak perlu menguras waktu dan tenaga untuk packing sebelum traveling.

Lihat Apa Saja yang Tercakup di Kartu Kredit

Beberapa kartu kredit punya layanan yang melindungi nasabah saat traveling. Mulai dari asuransi sewa mobil, cover pembatalan perjalanan, cover kehilangan koper, dan masih banyak lagi. Dengan mengetahui hal ini, setidaknya Anda akan merasa tenang selama liburan.

Sediakan Waktu Sesaat Sebelum dan Sesudah Penerbangan

Maskapai penerbangan selalu merekomendasikan penumpang untuk datang setidaknya dua jam sebelum penerbangan domestik dan tiga jam sebelum penerbangan Internasional. Selain agar tidak terlambat, ternyata alasan lainnya adalah agar Anda bisa menikmati waktu sejenak setelah melewati segala proses sebelum dan sesudah penerbangan. Anda pun tak akan merasa stres karena dibur waktu.

Selalu Berpikir Positif

Sebelum berangkat liburan, Anda pasti sering membayangkan hal-hal apa yang akan terjadi selama Anda di tempat wisata. Agar tidak merasa stres, jangan lupa untuk selalu berpikir positif dan realistis. Memikirkan segala kemungkinannya dengan cara yang baik akan membantu pikiran Anda selalu jernih.

Booking hotel sebelum keberangkatan pun bisa bantu Anda redam stres saat traveling. Jangan lupa untuk pesan kamar Anda secara online di Reservasi.com. Tersedia berbagai diskon hingga jutaan rupiah setiap harinya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.