Sukses

3 Cara Bilang Tidak Tanpa Bikin Sakit Hati

Bagaimana mengatakan tidak tanpa membuat orang lain sakit hati? Yuk, ikuti cara berikut.

Liputan6.com, Jakarta Secara umum, orang ingin berinteraksi dengan orang lain tanpa sakit hati. Mereka ingin berada di lingkungan yang menyenangkan dan tanpa konflik. Karena itu, tak sedikit orang yang menghindari konflik dengan mengatakan iya terhadap hal yang sebenarnya tidak disukai.

Mengapa orang melakukan ini? Mungkin ini dimulai saat Anda masih kecil. Orangtua mengajarkan untuk mengatakan "ya" dengan apa yang mereka ajarkan.

Namun, seiring bertambah dewasa, Anda berhak menentukan apa yang terbaik bagi Anda. Orang menginginkan sesuatu dari Anda, tetapi jika tidak menyukainya, Anda dapat menolaknya.

Penolakan tentu dapat memberikan rasa sakit hati. Karena itu, penolakan harus dibuat sebaik mungkin supaya tidak berimbas demikian. Lantas, bagaimana mengatakan tidak tanpa membuat orang lain sakit hati? Berikut caranya seperti dilansir dari Manners Mentor, Jumat (28/4/2017).

1. Jujur kepada diri sendiri
Pertama, hilangkan rasa bersalah saat Anda mengatakan tidak kepada orang lain. Anda perlu menentukan prioritas Anda. Jika permintaan orang lain tidak sesuai dengan hal tersebut, itu hak Anda untuk mengatakan tidak. Daripada Anda mengatakan "ya" lantas tidak dengan sepenuh hati menjalankannya, lebih baik berkata "tidak", bukan?

2. Katakan "tidak" dengan menyenangkan
Mendengar kata tidak dari orang lain memang tidak menyenangkan. Namun, dengan cara yang benar, jawaban tidak akan terasa lebih menyenangkan. Pertama, mulai dengan memberikan pujian, kemudian jawaban, katakan terima kasih, berikan dorongan, dan ubah subjeknya.

Misalnya, orang lain meminta Anda meminjamkan mereka uang. Sementara Anda memiliki prioritas lain dengan uang tersebut. Anda dapat mengatakan, "Terima kasih telah mengingat saya ketika Anda membutuhkan bantuan. Saya sedang tidak dapat membantu saat ini karena ada rencana yang membutuhkan uang tersebut dalam waktu dekat. Terima kasih telah menghubungi saya. Saya percaya Anda bisa menyelesaikan masalah sendiri."

3. Saat orang lain marah dengan jawaban "tidak"
Sekali lagi, Anda yang menentukan keputusan. Ingat mungkin Anda akan mengalami ini, saat permintaan ditolak. Namun, jangan lantas memaksakan kehendak. Ini supaya tidak ada pihak yang sakit hati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini