Sukses

5 Cara Alami Membersihkan Sisa Makeup Sebelum Tidur

Bersihkan sisa makeup sebelum tidur dengan 5 cara alami berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat mengakhiri hari yang sibuk dan melelahkan, satu-satunya hal yang Anda inginkan mungkin segera merebahkan badan di atas kasur dan tidur pulas. Membersihkan sisa-sisa makeup di wajah biasanya menjadi rutinitas yang paling berat untuk dilakukan.

Hati-hati Anda sebaiknya waspada jika meninggalkan sisa makeup yang masih menempel di wajah saat tidur dalam jangka waktu lama. Sisa-sisa bahan kimia yang terdapat dalam makeup bisa menimbulkan noda hitam di wajah, dan juga menyebabkan iritasi.

Bila kulit Anda sensitif dan alergi dengan produk pembersih makeup yang dijual di toko, maka Anda bisa membuat sendiri pembersih alami. Berikut adalah bahan-bahan alami untuk membersihkan sisa makeup yang bisa Anda buat sendiri seperti dilansir dari amerikanki.com, Rabu (19/04/2017).

Lidah Buaya
Lidah buaya merupakan tumbuhan yang banyak sekali khasiatnya. Tumbuhan dengan nama latin Aloe vera ini mempunyai kandungan 18 asam amino dan sekitar 200 fitonutrien, yaitu zat yang bermanfaat bagi tubuh. Lidah buaya sangat bagus untuk kulit tubuh dan wajah, apalagi jika diaplikasikan sebagai pembersih sisa-sisa makeup.

Petiklah setangkai lidah buaya, kupas bagian kulitnya yang berwarna hijau, lalu bersihkan dengan air yang mengalir agar getahnya yang berwarna kekuningan hilang. Masukkan dalam kulkas terlebih dahulu, agar terasa lebih segar saat diaplikasikan di wajah Anda. Lidah buaya yang sudah bersih dan dingin tersebut bisa langsung Anda pakai untuk membersihkan sisa-sisa makeup di wajah dengan menggunakan kapas. Jangan lupa bilas dengan air. Jika teratur melakukan ini, wajah Anda akan tampak lebih kenyal dan segar karena kandungan vitamin C dan E dalam lidah buaya bisa membantu melembapkan kulit wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timun

Timun


Timun sudah lama digunakan dalam industri kosmetik karena kandungan anti-inflamasi atau antiperadangan yang terdapat di dalamnya bisa menenangkan kulit Anda yang lelah setelah beraktivitas sepanjang hari.

Bersihkan timun dan haluskan dengan menggunakan blender, lalu aplikasikan sebagai pembersih wajah dengan memakai kapas. Anda juga bisa mencampur jus mentimun tersebut dengan minyak zaitun untuk hasil yang lebih maksimal. Pembersih wajah alami ini juga bisa menghilangkan memudarkan noda membandel di wajah.

Susu tawar
Kandungan susu murni sangat baik bagi wajah. Bukan hanya karena dapat melembapkan kulit wajah tapi juga mengelupas racun-racun yang menempel seperti bahan kimiawi yang terdapat dalam makeup. Untuk membersihkan makeup menggunakan susu tawar, celupkan kapas ke dalam susu kemudian aplikasikan untuk membersihkan sisa makeup di wajah. Jangan lupa, basuh wajah dengan air dingin setelah memakai susu tawar di wajah Anda.

3 dari 3 halaman

Minyak kelapa

Ilustrasi Foto Minyak Kelapa
Minyak kelapa memang lebih sering digunakan sebagai bahan memasak, namun bahan ini juga sudah lama dipakai dalam industri kecantikan. Minyak kepala memiliki manfaat yang banyak sekali, namun yang membuat bahan ini istimewa adalah karena minyak kelapa dapat menghilangkan zat-zat yang water-resistant (antiair) dalam kosmetik.

Minyak kelapa sangat bagus untuk Anda yang memiliki jenis kulit wajah kering. Bersihkan wajah dengan kapas secara lembut sampai sisa-sisa makeup tidak ada yang tertinggal. Jangan lupa bersihkan dengan air.

Alpukat
Buah apokat sangat baik bagi kulit wajah. Buah ini mengandung banyak jenis vitamin A, D, dan E. Kandungan dalam alpukat bisa melembutkan dan melembapkan wajah, apalagi jenis kulit kering.

Untuk membersihkan sisa-sisa makeup di wajah, haluskan daging buah alpukat lalu aplikasikan pada permukaan wajah Anda. Gosok dan pijat perlahan sampai semua sisa makeup terangkat. Kemudian bersihkan dengan kapas dan bilas dengan air.

Ana Fauziyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.