Sukses

Ini yang Terjadi Jika Anda Menggunakan Makeup Kedaluwarsa

Makeup kedaluwarsa sangat berbahaya bagi kulit dan dapat menyebabkan beragam masalah kulit yang mempengaruhi kecantikan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Makeup mampu menambah kecantikan sekaligus menutupi kekurangan pada wajah. Penggunaan makeup tentu akan berdampak langsung pada kesehatan kulit. Terkadang, kita suka lupa akan kualitas produk makeup yang digunakan. Lalai terhadap tanggal kedaluwarsa merupakan hal yang paling sering terjadi. 

Sekilas memang terdengar sepele. Namun ternyata penggunaan produk kedaluwarsa mampu berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Seperti yang dilansir dari situs Boldsky, Selasa (16/5/2017) berikut akibat yang ditimbulkan kulit saat mengenakan produk kedaluwarsa. 

Radang kulit
Menerapkan kosmetik kedaluwarsa pada kulit Anda menyebabkan radang kulit dan bisa lebih parah. Kondisi ini disebut sebagai dermatitis. Kondisi ini ditandai dengan iritasi kulit dan gatal-gatal. Anda harus mengunjungi dokter kulit jika kondisi ini terus berlanjut.

Alergi kulit
Kosmetik kedaluwarsa dapat menyebabkan banyak alergi kulit seperti ruam, benjolan, lecet, dan bengkak. Kondisi ini dapat disertai oleh infeksi kulit parah yang mengarah pada pembentukan nanah.

Bekas luka pada kulit
Anda juga bisa mendapatkan tanda dan bekas luka pada kulit jika Anda menerapkan makeup kedaluwarsa. Alergi kulit setelah dirawat dalam kebanyakan kasus akan meninggalkan bekas luka pada kulit Anda. Kemudian bekas luka ini mungkin memerlukan waktu yang lama untuk memudar.

Infeksi mata
Kosmetik yang dimaksudkan untuk makeup mata, jika kedaluwarsa dapat menyebabkan banyak masalah pada mata. Kemerahan merupakan gejala dini bentuk infeksi pada mata. Jika Anda mengalami hal ini maka segeralah berhenti mengenakan produk kecantikan Anda. 

Jerawat
Kosmetik dirancang untuk bekerja dengan cara tertentu. Ketika menggunakan makeup kedaluwarsa, maka produk tersebut tak bekerja sebagaimana seharusnya. Alhasil, pemakaian makeup kedaluwarsa jangka panjang akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. 

Ine Yulita Sari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.